Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Doa masuk dan keluar rumah lengkap dengan arab latin dan artinya ini penting sekali kita pelajari. Mengapa? Sebab, tiap hari kita selalu melakukan pekerjaan keluar dari kediaman atau tempat tinggal. Kalau misal sahabat belum punya rumah sendiri maka tidak apa-apa. Mengkontrak atau menyewa salah satu alternatifnya. Memang hari ini harga rumah mahal. Kalau tidak menabung dari jauh-jauh hari maka agak sulit mendapatkan atau membeli rumah. Ada pula yang membeli secara kredit. Kesemuanya tidak masalah kita tempuh selama tidak melanggar larangan Allah Swt. Memiliki sebuah rumah menjadi bagian rahmat dan karunia Allah Swt. Harus kita syukuri selalu. Kita gunakan rumah untuk ibadah shalat, membaca Al Quran, zikir, pengajian, dan sebagainya.

Namun, bukan hal cara mendapatkan rumah yang hendak kita bahas untuk kali ini. Kita lebih kepada bagaimana mengamalkan sunah dari Nabi Muhammad Saw. Seperti setiap kita keluar rumah dengan mengucapkan salam dan juga membaca doa keluar rumah. Aktivitas ini tidaklah sulit. Mudah sekali dan tidak memerlukan waktu yang banyak. Tetapi kalau hal ini tidak dimulai dari saat ini juga maka tidak akan pernah terlaksana. Apalagi menjadi kebiasaan teman-teman. Doanya tidaklah panjang kok. Coba saja kita baca doanya berikut.

Doa Keluar Rumah

Latinnya :
BISMILLAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAHI WALAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLA BILLAHI
Artinya :
” Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakkal kepadaNya, dan tiada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Allah”.

Tidak hanya saat keluar rumah. Selepas kita bepergian. Misal dari pergi ke tempat teman, saudara, rekan bisnis, tetangga, dan lain-lain. Bisa juga karena kita keluar karena aktivitas rutin bekerja di kantor, perusahaan, pasar, toko, atau bahkan di sawah atau kebun. Pada akhirnya pun kita kembali ke rumah. Nah, sebelum itu maka kita perlu membaca doa masuk rumah seperti di bawah ini.

Doa Masuk Rumah

Latinnya :
BISMILLAAHI WALAJNAA WA BISMILLAAHI KHARAJNAA WA ‘ALALLAAHI RABBINA TAWAKKALNAA.
Artinya :
Dengan nama Allah kami masuk rumah, dengan nama Allah aku keluar rumah, serta kepada-Nya aku berserah diri.

Singkat pula doanya. Jadi mudah sekali untuk dihafalkan teman-teman. Sedari usia anak-anak, hendaknya sudah dibiasakan untuk melakukan adab yang mulia ini. Insya Allah, nanti menjadi satu amalan rutin di usia dewasanya. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Facebook Comments

Leave a Reply

Comments are closed.