Bacaan Tasyahud Dalam Shalat Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Membahas bacaan tasyahud dalam shalat lengkap arab latin dan artinya memang menarik sekali. Setiap hari seorang muslim melaksanakan shalat wajib 5 waktu. Dari subuh, dhuhur, asar, maghrib, dan isya. Belum lagi dengan berbagai shalat sunah yang dilakukan oleh kita. Dalam setiap ibadah shalat baik yang wajib maupun sunah, semuanya menggunakan bacaan yang akan kita ulas pada kesempatan ini. Terkecuali seperti shalat jenazah. Tentu tidak membacanya.

Ada macam-macam bacaan tasyahud dalam shalat. Diantaranya adalah :
Lafaz bacaan doa tasyahud 1 :

bacaan tasyahud
Latinnya : ATTAHIYYATUL MUBAARAKAATUS SHALAWAATUT THAYYIBAATU LILLAAH, ASSALAAMU ‘ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WA RAHMATULLAAHI WA BARAKAATUH. ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALAA IBAADILLAAHIS SHAALIHIIN. ASY-HADU AL-LAA ILAAHA ILLALLAAH WA ASY-HADU ANNA MUHAMMADAR-RASUULULLAAH
Artinya :
” Segala ucapan selamat, keberkahan, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah utusan-Nya”.

Atau lafazh bacaan doa tasyahud 2 :

bacaan tasyahud
Latinnya :  ATTAHIYYATU LILLAAHI WAS SHALAWAATU WAT THAYYIBAAT, ASSALAAMU ‘ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WA RAHMATULLAHI WA BARAKAATUH. ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALAA IBAADILLAAHIS SHAALIHIIN. ASY-HADU AL-LAA ILAAHA ILLALLAAH WA ASY-HADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA RASUULUH.

Artinya :
“Segala ucapan selamat, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah hamba-Nya dan utusan-Nya”.

Kita boleh memilih salah satu dari dua bacaan tasyahud di atas. Mengapa penting kita bahas? Sebab dengan kita membacanya dengan benar lafaznya, tentu kualitas shalat kita semakin baik. Padahal, teman-teman tentu tahu bahwa amalan yang pertama akan ditanya atau dihisab di alam akhirat nanti yaitu masalah shalat. Kalau masalah zakat, puasa, sedekah, haji dan umrah, membaca al Quran, dan lain-lain, semuanya dihisab sesudah permasalahan shalat.
Dengan mengetahui makna atau artinya, kita akan mudah menghafalkannya juga. Mungkin hal ini belum pernah dicoba oleh teman-teman. Cobalah dipahami terjemahnya dengan baik. Nanti, lebih mudah menghafal sekaligus meresapi maknanya. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Facebook Comments

Leave a Reply

Comments are closed.