Bacaan Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Teman-teman yang berbahagia tentu sering mendengar tentang bacaan doa shalat istikharah lengkap arab latin dan artinya. Kadang amat berkaitan dengan permasalahan jodoh.Memang ini termasuk pelajaran di sekolah dahulu. Kali ini tidak ada salahnya untuk membahasnya lagi. Menjadi pengingat memori kita dahulu. Tak akan ada ruginya bila kita mengulang-ngulang ilmu itu. Tidak sedikit pula mungkin yang dahulu di bangku sekolah belum paham benar tentang hal ini. Banyak faktornya. Bisa jadi karena saat pas materi bab tersebut Anda sedang sakit atau ada kepentingan keluarga sehingga tidak masuk kelas. Tidak masalah. Sekarang waktunya untuk kita mengkaji ibadah ini lagi.

Setiap manusia memiliki permasalahan dalam hidupnya. Satu dengan lainnya berbeda beda. Meskipun ada pula yang sama. Orang hidup tidak bisa lepas dari masalah. Namun, tidak benar bila kita harus lari dari masalah. Masalah merupakan ujian yang mesti dihadapi. Dengannya Allah Swt. akan menaikkan derajat seorang mukmin. Anak-anak dengan orang tua tentu saja berbeda persoalan yang dihadapi. Guru dengan murid berbeda permasalahannya. Para pengusaha dan karyawan tidak sama urusannya. Dan lain sebagainya.

Ada kalanya dalam hidup kita mesti membuat sebuah keputusan penting. Kita mesti memilih dari beberapa pilihan yang dalam pandangan diri kita itu sama baiknya. Sama juga manfaat dan keuntungannya. Tentu saja hal ini menjadikan kita lumayan bimbang. Bingung mau memutuskannya. Tatkala menghadapi hal yang demikian, Allah Swt. memberi solusi. Kita mesti segera mengambil air wudhu dan setelah itu melaksanakan shalat sunah dua rakaat. Sesudah selesai mengerjakannya maka langsung membaca doa shalat istikharah.  Mengenai bacaan doanya silakan teman-teman menyimak berikut ini :

Doa Shalat Istikharah
Latinnya :
ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI’ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA AS-ALUKA MIN FADHLIKAL ADHIIMI, FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU, WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUB.
ALLAAHUMMA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA {-utarakan persoalan di sini-} KHAIRULII FII AAJILI AMRII WA AAJILIHI FAQDURHU LII WAYASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI.
WA IN KUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA SYARRULII FII AAJILI AMRII WA AAJILIHI FASHRIFHU ‘ANNII WASHRIFNII ‘ANHU WAQDUR LI YAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA ARDLINII BIH.
Artinya :
” Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib.
Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini {-utarakan persoalan di sini-} baik bagiku dalam agama, kehidupan, dan akhir urusanku, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. ”

Atau yang kedua :

Doa Shalat Istikharah
Latinnya :
ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI’ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA AS-ALUKA MIN FADHLIKAL ADHIIMI, FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU, WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUB.
ALLAAHUMMA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA {-utarakan persoalan di sini-} KHAIRULII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII FAQDURHU LII WAYASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI.
WA IN KUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA SYARRULII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII FASHRIFHU ‘ANNII WASHRIFNII ‘ANHU WAQDUR LI YAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA ARDLINII BIH.
Artinya :
” Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib.
Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini {-utarakan persoalan di sini-} baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku, maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. ”

Ada dua macam doanya. Kita bisa menggunakan salah satunya. Teman-teman bisa memilih yang mana doa shalat istikharah yang dianggap lebih mudah. Banyak aneka masalah dalam hidup seorang muslim. Misalnya : memilih sekolah, tempat kuliah, pekerjaan, jodoh, rumah, dan lain-lain. Nah, salah satu yang sering dialami para gadis dan pria ialah mengenai jodoh. Iya, ini memang sangat penting pula bagi seorang muslim. Sebab hampir separuh lebih hidupnya bersama dengan pasangan hidup. Kalau suami dengan istrinya dan istri bersama dengan suaminya. Memilih pasangan hidup baik suami maupun istri meski berhati-hati. Jangan sampai tergesa-gesa. Perlu ilmu dan juga petunjuk dari Allah Swt. Yang Maha Kuasa lagi Maha Mengetahui atas segala sesuatu. Memahami hal ini bisa kita lihat dalam sebuah kasus yang dialami oleh Iffah ini. Iffah seorang gadis muslimah cerdas di kampungnya. Ia baru saja menyelesaikan pendidikannya pada sebuah Sekolah Tinggi Agama Islam. Setelah wisuda dan mendapatkan ijazah, sebuah sekolah dasar swasta terkenal memintanya untuk menjadi pengajar. Ia pun mengiyakan setelah melakukan istikharah. Tidak lama setelah itu, setidaknya ada tiga pria muslim yang menanyakan kepada ayahnya Iffah. Pertanyaan mereka tentang keinginan menikahi Iffah. Barangkali inilah jodohnya. Mengetahui hal itu, Iffah tidak langsung menyetujui atau menolak. Ia sempat bingung karena ketiga pria itu dalam pandangannya sama shalihnya. Tak hanya itu, sama pula pekerjaan dan juga parasnya. Akhirnya, Iffah memohon petunjuk kepada Allah Swt. dengan melaksanakan shalat istikharah dua rakaat. Akhirnya, Allah Swt. pun menjawab doanya. Ada kemantapan hati untuk memilih salah satu dari mereka. Singkatnya, pernikahan pun akhirnya berlangsung dengan lancar.

Facebook Comments

Leave a Reply

Comments are closed.