Lafazh Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha Arab Latin Juga Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sahabat, pada hari ini sehat semua kan? Alhamdulillah kalau begitu. Kali ini kami bahas tentang lafazh bacaan takbir hari raya idul fitri dan idul adha lengkap sesuai sunah arab latin dan juga artinya.  Ketika kita membicarakan lafaz takbiran tentu akan teringat pada momen yang membahagiakan di setiap tahunnya. Itulah dua hari raya yang sangat terkenal se Indonesia bahkan seantero dunia ini. Kalau di negeri kita sering menyebutnya dengan hari lebaran. Ini untuk idul fitri. Jika untuk hari raya idul adha maka disebu lebaran haji. Mengapa disebut lebaran haji sebab pada saat itu adalah musimnya orang melaksanakan ibadah rukun Islam yang kelima. Juga disebut hari raya idul kurban sebab di hari itu memang disyariatkan untuk menyembelih hewan kurban.

Pada hari lebaran ada sebuah kebiasaan yang begitu populer di masyarakat muslim Indonesia. Ada kegiatan saling maaf memaafkan. Tidak hanya untuk satu keluarga saja. Antar tetangga satu kampung pun juga melakukannya. Bahkan saudara yang jauh pun datang untuk sekedar berbagi di hari raya itu. Biasanya mereka yang ada di kota pulang ke kampung halamannya. Untuk bertemu kedua orang tua dan juga keluarga besar yang lainnya. Orang sering menyebutnya sebagai kegiata mudik hari raya. Tak masalah meski harga tiket begitu mahal di kala itu. Baik tiket kereta api, pesawat terbang, kapal laut maupun bus umum. Umumnya naiknya bisa mencapai dua kali lipat harganya. Dan untuk mendapatkan tiket tersebut harus juga rela antri. Cuma untuk sekarang sudah bisa dilakukan secara online jadi lebih nyaman dan tidak perlu berdesak-desakan. Tidak hanya saling memberi maaf namun saling pula memberikan hadiah. Dan itulah yang membuat terlipat ganda kasih sayang antar mereka. Dicabutlah rasa benci, iri, dengki dan penyakit hati lainnya pada waktu tersebut.

Kala malam sebelum hari lebaran setelah shalat maghrib. Banyak kita dengar masjid-masjid di mana-mana mengumandangkan takbiran. Begitu menggema suaranya. Kita pun menyaksikan ada yang keluar rumah dan menuju ke jalan-jalan untuk mengikuti kegiatan takbir keliling. Tiap jamaah masjid membuat sebuah barisan tersendiri. Ada kalanya beberapa tempat membuatnya menjadi sebuah lomba kegiatan rutin tiap tahun. Banyak dari sahabat yang pernah atau bahkan sering ikut di dalamnya. Meriah sekali suasananya. Untuk lafaz bacaan takbir hari raya bisa kita simak berikut ini.

Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha
Latinnya :
ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALLAAHU AKBAR. ALLAHU AKBAR WA LILLAA HIL HAMD.
Artinya :
“Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar, Tiada Tuhan selain Allah, dan Allah maha besar Allah maha besar dan untuk Allah segala pujian.”

Atau bisa melafazkan takbir lainnya yakni :

Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Latinnya :
ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALLAAHU AKBAR. ALLAHU AKBAR WA LILLAA HIL HAMD.
Artinya :
“Allah maha besar Allah maha besar, Tiada Tuhan selain Allah, dan Allah maha besar Allah maha besar dan untuk Allah segala pujian.”

atau bisa pula membaca :

Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha
Latinnya :

ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR, WA LILLAHIL HAMDU, ALLAHU AKBAR WA AJALLU ALLAHU AKBAR ‘ALAA MAA HADANAA.
Artinya : “Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar dan bagi Allah lah segala pujian, Allah Maha Besar dan Maha Mulia, Allah Maha Besar atas petunjuk yang diberikannya pada kita.”

Namun yang paling terkenal dipakai adalah yang pertama dan kedua di atas. Sangat pendek semua lafaznya sehingga akan mudah sekali kita menghafalkannya. Bahkan mungkin semua orang sudah hafal. Karena begitu seringnya di dengar setiap tahun. Bahkan di banyak media seperti televisi dan radio ikut menyiarkan acara takbiran. Tetapi mengenai tulisan arabnya ini mungkin yang tidak semua orang tahu. Supaya bisa fasih dalam mengucapkannya tentu harus tahu betul bagaimana teks takbir itu. Di sinilah pentingnya kita untuk belajar. Tidak lupa juga untuk kita memahami maknanya. Bila kita belum bisa berbahasa arab baik, minimal pasif maka kita penting mengetahui arti atau terjemahannya. Sehingga akan lebih khusyu dalam melafazkannya nanti. Untuk takbir di hari idul adha tidak berbeda. Sama saja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para sahabat pembaca sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *