Kumpulan Bacaan Shalawat Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Semangat dan sukses untuk para pembaca semua. Kali ini kami akan tuliskan kumpulan macam-macam bacaan shalawat lengkap arab latin dan artinya. Shalawat merupakan bacaan tertentu dalam yang berisikan doa untuk Nabi Muhammad Saw. Kita setiap hari pun membaca shalawat sebab bacaan ini dibaca tatkala duduk tasyahud. Dalam sehari kita shalat wajib lima kali. Jumlah tasyahudnya baik yang awal maupun akhir dalam 17 rakaat shalat fardhu tersebut ada 9 (sembilan) kali. Rincian bacaan tasyahudnya baik yang awal maupun akhir yakni: shalat subuh 1 kali, shalat dhuhur 2 kali, shalat asar 2 kali, shalat maghrib 2 kali dan shalat isya 2 kali. Sehingga sejumlah itu pula setidaknya kita membaca shalawat dalam sehari semalam.

Itu belum termasuk ketika kita menjalankan shalat di luar yang wajib ‘ain. Dalam shalat jenazah pun kita juga membacanya. Tepatnya pada setelah takbir ke dua. Bila kita melaksanakan shalat-shalat sunah pun di sana ada bacaan shalawat pula pada setelah tasyahud. Maka sangat penting sekali bila kita mempelajari bacaan tersebut. Nah, berikut ini silakan disimak beberapa bacaan shalawat yang lengkap.

Bacaan Shalawat Pertama

Bacaan Shalawat

Latinnya :
ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMAD WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA SHALLAITA ‘ALAA IBRAHIM WA ‘ALAA AALI IBRAHIM, INNAKA HAMIIDUM MAJIID. ALLAAHUMMA BAARIK ‘ALAA MUHAMMAD WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA BAARAKTA ‘ALAA IBRAHIM WA ‘ALA AALI IBRAHIM INNAKA HAMIIDUM MAJIID.
Artinya :
“Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya (termasuk anak dan istri atau umatnya), sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”
Sumber bacaan di atas dari hadits riwayat Bukhari.

Bacaan Shalawat Kedua

Bacaan Shalawat

Latinnya :
ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMAD, WA ’ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA SHALLAITA ‘ALAA IBRAAHIIMA WA ’ALAA AALI IBRAAHIIM, WABAARIK ‘ALAA MUHAMMAD WA AALI MUHAMMAD, KAMAA BAARAKTA ‘ALAA IBRAAHIIMA WA AALI IBRAAHIIMA INNAKA HAMIIDUN MAJIID
Artinya :
“Ya Allah, limpahkan kesejahteraan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau melimpahkan kesejahteraan kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”
Sumber bacaan di atas dari hadits riwayat At-Tirmidzy.

Bacaan Shalawat Ketiga

Bacaan Shalawat

Latinnya :
ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALA MUHAMMAD, WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD, WA BAARIK ‘ALA MUHAMMAD WA ‘ALA AALI MUHAMMAD, KAMAA SHALLAITA WA BAARAKTA ‘ALAA IBRAHIMA WA AALI IBRAHIM, INNAKA HAMIIDUM MAJIID.
Artinya :
“Ya Allah, limpahkan kesejahteraan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah , limpahkan kesejahteraan dan memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia lagi Maha Agung.”
Sumber bacaan di atas dari hadits riwayat An-Nasai.

Bacaan Shalawat Keempat

Bacaan Shalawat

Latinnya :
ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMAD, WA ’ALAA AZWAAJIHI WA DZURRIYYATIH, KAMAA SHALLAITA ‘ALAA IBRAAHIIM, WABAARIK ‘ALAA MUHAMMAD, WA ’ALAA AZWAAJIHI WA DZURRIYYATIH, KAMAA BAARAKTA ‘ALAA AALII IBRAAHIIM, INNAKA HAMIIDUN MAJIID.
Artinya :
“Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad, istri-istri dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada keluarga Ibrahim. Berilah berkah kepada Muhammad, istri-istri dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberkahi kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”
Sumber bacaan ini dari hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

Bacaan Shalawat Kelima

Bacaan Shalawat

Latinnya :
ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMAD, AN-NABIYYIL UMMIYYI, WA ‘AALA AALI MUHAMMAD, KAMAA SHALLAITA ‘ALAA AALI IBRAAHIM, WA BAARIK ‘ALAA MUHAMMAD, AN-NABIYYIL UMMIYI, WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA BAARAKTA ‘ALAA AALI IBRAAHIMA FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM MAJIID.
Artinya :
“Ya Allah, berilah kesejahteraan kepada Muhammad seorang Nabi Yang Ummi dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau berikan kesejahteraan kepada keluarga Ibrahim, dan berikanlah keberkahan kepada Muhammad seorang Nabi Yang Ummi dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau berikan keberkahan kepada keluarga Ibrahim di seluruh alam, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”
Sumber bacaan ini dari hadits riwayat Muslim.

Bacaan Shalawat Keenam

Bacaan Shalawat

Latinnya :
ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMAD, WA ‘ALAA AHLI BAITIHII WA ‘ALAA AZWAAJIHII WA DZURRIYATIHI, KAMAA SHALLAITA ‘ALA AALI IBRAHIM INNAKA HAMIIDUM MAJIID. WA BAARIK ‘ALA MUHAMMAD WA ‘ALA AHLI BAITIHII, WA ‘ALA AZWAAJIHII WA DZURRIYATIHII, KAMAA BAARAKTA ‘ALA AALI IBRAHIM INNAKA HAMIIDUM MAJIID.
Artinya :
“Ya Allah, limpahkan kesejahteraan kepada Muhammad, keluarganya, istri-istri dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah , limpahkan kesejahteraan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia. Dan berkahilah Muhammad, keluarganya, istri-istri dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberkahi keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”
Sumber bacaan ini dari hadits riwayat Ahmad.

Bacaan Shalawat Ketujuh

Bacaan Shalawat

Latinnya :
ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMAD, WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA SHALLAITA ‘ALAA AALI IBRAHIM, WA BAARIK ‘ALAA MUHAMMAD, WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA BAARAKTA ‘ALAA AALI IBRAHIM, FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM MAJIID.
Artinya :
“Ya Allah, limpahkan kesejahteraan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau melimpahkan kesejahteraan kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim di seluruh alam, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”
Sumber bacaan ini dari hadits riwayat Ahmad.

Kita bisa memakai bacaan shalawat di atas. semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *