Bacaan Doa I’tidal Dalam Shalat Lengkap Arab Latin Beserta Artinya

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pada kesempatan yang baik ini kami akan membahas doa itidal dalam shalat. Ini dibaca saat posisi kita berdiri setelah melakukan gerakan ruku’. Teman-teman tentu saja sudah sering mendengar doa tersebut. Bahkan kita melafahzkannya dalam setiap hari pada saat mengerjakan shalat wajib. Akan lebih banyak lagi bila kita mengerjakan shalat-shalat sunah. Dalam tiap rakaat kita membacanya sekali. Maka bila sehari semalam jumlah rakaat shalat lima waktu itu ada 17 rakaat maka sebanyak itu pula kita membacanya. Belum bilamana banyak shalat sunah yang kita jalankan. Akan lebih banyak lagi.

Ternyata ada banyak macam bacaan doa itidal . Dari yang terpendek hingga yang mungkin agak panjang. Pada umumnya kita hanya mengenal bacaan yang biasa kita lafazhkan. Namun ternyata ada yang lainnya. Diantara macam-macamnya adalah :

BACAAN DOA I’TIDAL KESATU

bacaab doa i'tidal
Latinnya :
RABBANAA LAKAL HAMDU.
Artinya :
“Ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji.”

BACAAN DOA I’TIDAL KEDUA

bacaab doa i'tidal
Latinnya :
RABBANAA WA LAKAL HAMDU.

Artinya :
“Wahai Tuhan kami, dan bagi-Mu lah segala pujian

BACAAN DOA I’TIDAL KETIGA

bacaab doa i'tidal
Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU.
Artinya :
” Ya Allah, Tuhan kami, bagi-Mu segala puji.”

BACAAN DOA I’TIDAL KEEMPAT

bacaab doa i'tidal
Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBANAA WA LAKAL HAMDU.
Artinya :
“Ya Allah, ya Tuhan kami, dan bagi-Mu segala puji.”

BACAAN DOA I’TIDAL KELIMA

bacaab doa i'tidal
Latinnya :
MIL AS-SAMAAWAATI WA MIL AL-ARDH WA MAA BAIHAHUMAA WA MIL AMAA SYI’TA MIN SYAI INBA’DU. AHLATS TSANAA-I WAL MAJDI, AHAQQU MAA QAALAL BA’DU, WA KULLUNAA LAKA ABDUN. ALLAAHUMMA LAA MAANI’A LIMAA A’THAITA, WA LAA MU’THIYA LIMAA MANA’TA, WA LAA YANFA’U DZAL JADDI MINKAL JADDU.
Artinya :
“(Aku memuji-Mu dengan) pujian sepenuh langit dan sepenuh bumi, sepenuh apa yang di antara keduanya, sepenuh apa yang Engkau kehendaki setelah itu. Wahai Tuhan yang layak dipuji dan diagungkan. Yang paling berhak dikatakan oleh seorang hamba dan kami seluruhnya adalah hamba-Mu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menghalangi apa yang Engkau berikan dan tidak ada pula yang dapat memberi apa yang Engkau halangi, tidak bermanfaat kekayaan bagi orang yang memilikinya (kecuali iman dan amal shalihnya), hanya dari-Mu kekayaan itu.”

BACAAN DOA I’TIDAL KEENAM

bacaab doa i'tidal
Latinnya :
RABBANAA WA LAKAL HAMDU HAMDAN KATSIIRAN TAYYIBAN MUBAARAKAN FIIH
Artinya :
” Ya Tuhan kami, dan bagi-Mu segala puji, dengan pujian yang banyak, yang baik, yang ada barakah di dalamnya.”

BACAAN DOA I’TIDAL KETUJUH

bacaab doa i'tidal
Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU, MIL-US SAMAAWAATI, WA MIL-UL ARDLI, WA MIL-U MAA SYI’TA MIN SYAI-IM BA’DU.
Artinya :
” Ya Allah, ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, sepenuh langit, sepenuh bumi, sepenuh apapun yang Engkau kehendaki setelah itu.”

BACAAN DOA I’TIDAL KEDELAPAN

bacaab doa i'tidal
Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU, MIL-AS SAMAAWAATI, WA MIL-AL ARDLI, WA MIL-A MAA BAINAHUMAA, WA MIL-A MAA SYI’TA MIN SYAI-IN BA’D.
Artinya :
” Ya Allah, ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, sepenuh langit, sepenuh bumi, sepenuh apa yang ada di antara keduanya, sepenuh apapun yang Engkau kehendaki setelah itu.”

BACAAN DOA I’TIDAL KESEMBILAN

bacaab doa i'tidal
Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU, MIL-US SAMAAWAATI, WA MIL-UL ARDHI, WA MAA BAINAHUMAA, WA MIL-U MAA SYI’TA MIN SYAI-IN BA’DU, AHLATS TSANAA-I WAL MAJDI, LAA MAANI’A LIMAA A’THAITA, WA LAA MU’THIYA LIMAA MANA’TA, WA LAA YANFA’U DZAL JADDI MINKAL JADDU.
Artinya :
“Ya Allah, ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, sepenuh langit, sepenuh bumi, dan apa yang ada di antara keduanya, sepenuh apapun yang Engkau kehendaki setelah itu. Yang berhak disanjung dan dimuliakan. Tidak ada yang dapat menghalangi apa yang akan Engkau berikan, tidak ada yang dapat memberikan apa yang Engkau tahan, dan tidak bermanfaat suatu kekayaan, terhadap orang yang memiliki kekayaan, dari keputusan-Mu.”

BACAAN DOA I’TIDAL KESEPULUH

bacaab doa i'tidal
Latinnya :
RABBANAA LAKAL HAMDU MIL’AS SAMAAWATI WA MIL’AL ARDHI WA MIL ‘A MAASYI’TA MIN SYAI’IN BA’DU.
Artinya :
” Wahai tuhan kami, hanya untuk-Mu lah segala puji, sepenuh langit dan bumi dan sepenuh apa saja yang Engkau kehendaki sesudahnya.”

Teman-teman bisa memilihnya salah satu. Semoga bermanfaat untuk semuanya. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *