Doa Berbuka Puasa Lengkap

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan. Bulan yang penuh dengan hikmah. Di bulan tersebut umat muslim mengerjakan ibadah puasa. Selama tiga puluh atau dua puluh sembilan hari kita menjalankannya. Sebab dalam penanggalan kalender hijriyah jumlah hari dalam tiap bulan itu ada dua kemungkinan. Kalau tidak tiga puluh hari maka dua puluh sembilan hari. Berbeda dengan penanggalan masehi. Puasa memang termasuk ibadah yang diwajibkan. Secara pengertian puasa adalah menahan segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa dari waktu subuh sampai maghrib. Dan juga termasuk rukun Islam. Baik muda dan tua, kaya dan miskin, murid dan guru, karyawan dan pengusaha, semuanya khusyu untuk mengerjakannya.

Anak-anak yang masih kecil pun sudah diajari untuk berlatih berpuasa. Caranya dengan ikut makan sahur di waktu sepertiga malam akhir. Sebelum waktu adzan shalat subuh dikumandangkan. Dengan makan secara bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga maka anak-anak pun akan senang dan gembira. Di selain bulan ramadhan, umumnya untuk membangunkan anak-anak sebelum subuh itu agak sulit. Tak hanya anak-anak saja barangkali. Orang yang sudah dewasa pun nampaknya juga banyak yang demikian. Maka di bulan ramadhan bisa menjadi momen terbaik untuk memulai bangun tidur di awal waktu.

Bagi anak-anak yang masih kecil biasanya tidak kuat untuk menahan rasa lapar dan haus. Maka cara berbukanya boleh diajukan karena ini sekadar latihan. Di waktu dhuhur mereka boleh makan dan minum. Selanjutnya, setelah selesai makan dan minum mereka sebaiknya tidak langsung bebas sampai malam. Alangkah bagusnya jika anak-anak diajak untuk mulai berlatih puasa lagi. Mereka berbukanya di waktu adzan shalat maghrib. Sama dengan orang yang berpuasa sebenar-benarnya atau orang dewasa. Ini juga wujud latihan yang bagus.

Tidak hanya masalah menahan lapar dan haus saja sebetulnya. Puasa juga melatih untuk sabar dan selalu ingat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan berpuasa diharapkan membentuk pribadi yang taqwa. Orang yang taat kepada perintah Allah dan Rasul-Nya. Sehingga menjadi orang yang sukses selamat di dunia sampai di akhirat kelak dengan dimasukkan ke tempat yang penuh kenikmatan. Itulah al jannah atau surga.

Tatkala mendekati waktu shalat maghrib maka kita sebaiknya persiapan untuk berbuka puasa. Bagus lagi bila dilakukan secara bersama-sama. Akan menambah rasa ukhuwah persaudaraan kaum muslimin. Kebahagiaan pun terpancar jelas dari kegiatan itu. Memang, menikmati makanan saat berbuka itu memang luar biasa enaknya. Apa pun jenis makanannya. Yang penting halal dan baik. Ini memang merupakan jenis kebahagiaan yang diberikan Allah Swt. kepada orang yang menjalankan ibadah puasa. Hingga ada sebuah nasihat dari seseorang ulama yang mengatakan, ” bila engkau tidak merasakan nikmat saat makan. Maka lakukanlah puasa sunah. Saat selesai puasa sunah engkau akan berbuka puasa dan pastinya merasakan lezatnya makanan yang engkau makan.”

Bila sudah masuk waktu shalat maghrib maka kita bisa berbuka puasa. Pertama-tama sebaiknya minum terlebih dahulu. Bisa menggunakan air putih atau pun teh manis. Ada pula yang memakai es buah, kolak, es teh, es dawet, es degan, dan aneka minuman yang lainnya. Selanjutnya, barulah kita makan buah yang berasa manis, seperti : kurma, pisang, mangga, pepaya, jambu, rambutan, durian, dan lain-lain. Bila tidak ada bisa makan aneka makanan yang lainnya. Misalkan roti kering, kue basah, onde-onde, dan sebagainya. Kemudian barulah makan besar dengan nasi dan lauknya. Mengenai apa yang dimakan ini tidaklah diharuskan harus jenis tertentu. Dibebaskan asalkan halal dan baik. Nah, yang tidak boleh lupa ialah membaca doa berbuka puasa secara khusyu. Ada beberapa lafazh dari doa ini. Diantaranya ialah sebagai berikut :

doa berbuka puasa
Latinnya :
DZAHA BADZHZHAMA U WABTALATIL ‘URUUQU WA TSABATAL AJRU INSYAA ALLAH.
Artinya :
” Telah hilang dahaga, dan urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.”

Di samping doa di atas, masih ada beberapa macam doa saat berbuka puasa yang lainnya. Diantaranya adalah :

doa berbuka puasa

Latinnya :
ALLAHUMMA INNII LAKA SHUMTU WA ‘ALAA RIZQIKA AFTHARTU WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU WA BIKA AAMANTU, DZAHA BADHDHAMA U WABTALATIL URUQU WA TSABATAL AJRU INSYAA ALLAHU TA’ALA. YAA WAA SI’AL FADHLIGHFIRLII, ALHAMDULILLAA HILLADZII A ’AANANII FASHUMTU WA RAZAQANII FA AFTHARTU.
Artinya :
” Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena-Mu dan aku berbuka dengan rezeki-Mu. Kepada-Mu aku bertawakal dan kepada-Mu aku beriman. Dahaga telah lenyap, urat-urat telah basah dan pahala telah pasti didapatkan, insya Allah. Wahai Tuhan yang luas karunia-Nya, ampunilah dosaku. Segala puji bagi Allah yang telah membantuku sehingga ku dapat berpuasa dan memberiku rezeki sehingga aku dapat berbuka.”

atau membaca :

doa berbuka puasa

Latinnya :
ALLAHUMMA LAKA SHUMTU WA ‘ALAA RIZQIKA AFTHARTU DZAHA BADZHZHAMA U WABTALATIL ‘URUUQU WA TSABATAL AJRU INSYAA ALLAH.
Artinya:
” Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Telah hilang dahaga, dan urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.”

atau bisa pula membaca :

doa berbuka puasa

Latinnya :
ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA’ALAA RIZQIKA AFTHARTU BIRAHMATIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIIN.
Artinya :
” Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

atau dengan membaca :

doa berbuka puasa

Latinnya :
ALLAHUMMA LAKA SHUMTU WA ‘ALAA RIZQIKA AFTHARTU.
Artinya:
” Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.”

Dari beberapa doa saat berbuka puasa di atas, kita bisa memilih mau memakai yang mana. Bila mana saat ini belum hafal satu pun. Sebaiknya kita segera mulai untuk menghafalkannya. Selanjutnya, kita bisa praktekkan saat berbuka. Menghafal doa tatkala berbuka puasa merupakan bagian dari persiapan menyambut bulan ramadhan tahun ini. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Facebook Comments

Leave a Reply

Comments are closed.