Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Latin Serta Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada sore hari ini dengan diiringi hujan gerimis kami akan menuliskan sesuatu di blog ini. Tentu saja yang memberi manfaat kebaikan. Sebelum hujan turun, udara serasa panas sekali. Membuat tidak nyaman kalau berdiam diri di ruangan yang tidak menggunakan kipas angin atau AC. Namun, sesudah hujan turun maka hawa dingin pun mulai terasa. Hingga dingin rasanya. Membuat nyaman kembali. Menulis pun menjadi semangat. Meskipun menggunakan waktu sehabis pulang dari bekerja. Rasa lelah dalam bekerja belumlah hilang. Namun, karena keinginan untuk membuat suatu kebaikan maka tetap saja bersemangat untuk merampungkan menulis.

Teman-teman tentu sangat paham akan fenomena kehidupan. Ada hujan ada panas. Ada yang kaya dan ada pula yang miskin. Ada orang yang sedang sukses namun di lain tempat ada yang sedang mengalami kegagalan. Ada orang yang sehat namun ada pula yang sedang diuji dengan sakit. Demikianlah keadaan manusia di dunia. Ketika seseorang sedang sehat wal afiat maka ia bisa melakukan segala hal dengan lancar. Sebab badan terasa enak dan nyaman untuk beraktivitas. Bisa senyum, tertawa, berjalan, berlari, dan melakukan kegiatan apa pun.

Namun, kondisi sehat ini tidak sedikit dari kita yang, mohon maaf, kurang mensyukurinya dan menganggap penting. Terbukti, tidak sedikit orang yang tidak menggunakan masa sehatnya dengan baik. Tatkala sehat tidak menggunakan kesempatan itu dengan sebaik mungkin. Ada waktu longgar untuk bisa shalat wajib berjamaah ke masjid namun tidak dilakukan. Ada kesempatan menyahur hutang puasa ramadhan tapi malah ditunda tunda. Badan masih sehat untuk menolong orang namun tidak dilakukan.

Orang akan menyadari betapa pentingnya sehat tatkala sudah merasakan payah dan susahnya saat ia sakit. Ini terjadi pada kebanyakan manusia pada umumnya. Namun, kita tentu saja tidak ingin seperti hal ini. Kita tentu ingin menjadi hamba yang selalu bersyukur atas nikmat kesehatan. Ada suatu cara yang bisa dilakukan, yakni dengan kita banyak mengingati pentingnya sehat itu. Cobalah kita melihat kondisi orang yang sedang sakit. Tentu saja tak hanya melihat. Kita juga mesti membaca doa menjenguk orang sakit dengan khusyuk. Tentang lafazh doanya ialah

Doa Menjenguk Orang Sakit

Latinnya :
ALLAHUMMA RABBAN NAASI ADZHIBIL BA’SA ISYFI WA ANTASY SYAAFII LAA SYIFAA A ILLAA SYIFAA UKA SYIFAA AN LAA YUGHAADIRU SAQAAMAN.
Artinya :
” Ya Allah, Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah segala penyakit. Engkau adalah Dzat yang memberi kesembuhan. Tidak ada yang dapat menyembuhkan kecuali Engkau, dengan kesembuhan yang tanpa ada rasa sakit sama sekali.”

atau membaca :

doa untuk orang sakit

Latinnya :
AS ALULLAHAL ADHIIIM, RABBAL ARSYIL ADHIIM AYYASY FIYAKA.
Dibaca sebanyak tujuh kali.
Artinya:
“Aku mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan yang menguasai arsy yang agung, agar menyembuhkan penyakitmu.”

atau kita membaca lafaz doa yaitu :

Doa Menjenguk Orang Sakit

Latinnya :
LAABA’SA THAHUURUN INSYA ALLAH.
Artinya :
“Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, insya Allah.”
Doa ini bersumber dari hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari.

Dengan kita menjenguk seorang yang sedang sakit maka kita akan ingat bahwa seorang yang sakit itu menderita. Susah, payah, dan sedih rasanya. Maka kita perlu berempati kepadanya. Kita pun juga hendaknya mensyukuri atas kesehatan yang kita nikmati. Dengan begitu kita tidak lagi memandang rendah kesehatan itu. Ternyata sehat itu amat tinggi nilainya. Tidak bisa disandingkan dengan harta sebanyak apa pun.

Orang yang sedang sakit akan merasa gembira tatkala ada orang yang menjenguknya. Baik itu yang menjenguknya teman, saudara, keluarga, tetangga, rekan kerja, atau siapa pun. Perasaan bahagia itu kadang sulit diungkapkan. Hanya rasa terima kasih saja yang muncul. Apalagi tidak sekedar menjenguk saja. Akan tetapi mereka juga melafazhkan doa untuk kesembuhan orang yang sakit juga. Rasa gembira ini akan efektif membantu mempercepat kesembuhan si sakit itu. Kondisi hati dan pikiran sangat erat kaitannya dengan kondisi kesehatan manusia.

Kita yang menjenguk pun akan mendapatkan kegembiraan di dunia dan akhirat. Di dunia orang yang menjenguk itu ada rasa puas dan senang. Kita bisa saksikan para perawat dan dokter di rumah sakit. Mereka tiap hari berdekatan dengan orang yang sakit dengan aneka macam jenis penyakit. Baik penyakit ringan, sedang hingga yang berat. Tetapi para dokter dan perawat tersebut malah semakin sehat. Tingkat kekebalan tubuhnya tinggi sekali. Ini dikarenakan mereka berjasa besar membantu kesembuhan orang yang sedang sakit itu. Kebaikan akan berbalas dengan kebaikan pula.

Di akhirat tentu lebih besar lagi pahala yang didapat. Amal shaleh berupa menjenguk orang sakit itu akan diberi ganjaran kebaikan yang besar. Diibaratkan orang sedang menjenguk orang yang sedang sakit itu seperti halnya seorang yang berjalan jalan di taman surga. Luar biasa ternyata. Menjenguk saudara muslim yang sakit itu juga menjaga haknya saudara muslim tersebut. Baiklah, sampai di sini terlebih dahulu. Semoga kita bisa mengamalkan bacaan doa tersebut. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Facebook Comments

Leave a Reply

Comments are closed.