Doa Berlindung Dari Segala Penyakit Lengkap Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Berdoa memang sangat dianjurkan untuk kita semua. Perintah itu sesuai dengan Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 186, yang artinya: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.

Tentang berdoa ini memang sudah diajarkan kepada kita semenjak masih kecil. Mungkin sejak balita sudah diajari untuk berdoa. Meskipun masih dalam hal doa pendek atau sederhana saja. Tetapi dasar dari penanaman keyakinan bahwasannya berdoa itu penting sudah dimulai. Memulai pendidikan semenjak masih dalam usia dini ini amatlah bagus. Sangat bagus. Akan lebih baik dimulai di awal dari pada terlambat. Sebab bila terlambat dalam menanamkan keyakinan pentingnya berdoa ini maka akan menjadi lebih susah akhirnya. Di kemudian hari akan ada penyesalan.

Kala seseorang telah menyadari betapa pentingnya berdoa ini. Maka orang tersebut akan terdorong untuk melakukan segala hal dengan tidak meninggalkan berdoa. Tatkala muncul permasalahan dalam kehidupan ia akan merespon dengan baik. Salah satu cara meresponnya yakni dengan membaca doa. Di samping melakukan ikhtiar secara maksimal juga tetap dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Karena memang ada sebagian orang yang gigih dalam berusaha atau ikhtiar dalam hidupnya tetapi kurang sekali dalam berdoa. Hal ini tidaklah baik untuk dilakukan.

Seperti dalam menghadapi permasalahan berupa timbulnya berbagai penyakit. Kita semua paham bahwa di zaman yang konon disebut zaman modern ini banyak kita menjumpai aneka jenis penyakit yang sangat berbahaya. Disebut berbahaya karena sudah banyak sekali orang yang meninggal dunia karena terjangkit penyakit-penyakit tersebut. Contoh dari penyakit tersebut antara lain: stroke, TBC, jantung koroner, diabetes melitus, komplikasi hipertensi, Pneumonia, gagal ginjal. Akhir-akhir ini muncul sebuah penyakit yang menjadikan banyak negara tergoncang. Penyakit yang diakibatkan oleh virus corona covid-19 ini telah mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia.

Mengetahui adanya beberapa penyakit yang amat berbahaya ini. Membuat kita semua tentu berupaya untuk menghindari atau setidaknya menjauh dari penyakit-penyakit tersebut. Ikhtiyar secara maksimal terus dilakukan dengan baik. Tanpa henti. Bila sudah jelas sakit maka hendaknya berobat kepada ahlinya. Tetapi, sebagai seorang muslim pun hendaknya tidak lupa untuk melakukan yang satu ini. Berdoa memohon pertolongan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Walau bagaimana pun, tidak satu pun di seluruh alam semesta ini terlepas dari kekuasaan dan pengawasan-Nya. Maka hanya dengan pertolongan dari-Nya lah kita semua akan selamat dari berbagai penyakit yang berbahaya tersebut. Terdapat sebuah lafazh doa berlindung dari segala penyakit yang bisa kita amalkan. Berikut ini silakan teman-teman menyimak lafazhnya:

doa berlindung dari segala penyakit

Tulisan latinnya :
ALLAHUMMA INNII ‘AUUDZU BIKA MINAL BARASHI WAL JUNUUNI WAL JUDZAAMI WA MIN SAYYI IL ASQAAM.
Artinya :
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit yang jelek lainnya.

Doa ini sebaiknya kita hafalkan sampai di luar kepala. Benar-benar hafal maksudnya. Untuk selanjutnya bisa kita amalkan atau lafazhkan dalam kehidupan sehari-hari. Momen atau waktu dimana mustajab dalam berdoa hendaknya digunakan dengan baik. Akan sayang sekali bilamana sampai waktu tersebut hilang begitu saja tanpa kita isi dengan untaian doa-doa yang salah satunya yakni membaca doa berlindung dari penyakit secara khusyu. Misalnya saja saat waktu sepertiga malam yang terakhir, waktu antara adzan sampai iqomat, saat melaksanakan ibadah berpuasa sampai berbuka puasa, dan setelah melaksanakan shalat wajib lima waktu. Semuanya termasuk waktu yang bagus untuk berdoa.

Oh iya, doa yang kita bahas tersebut berasal dari hadits Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Dalam doa tersebut kita memohon perlindungan dari sakit yang berbahaya. Diantaranya penyakit tersebut yaitu sakit kulit, lepra, gila (hilang akal), dan penyakit berbahaya yang lainnya. Nah, maksud penyakit berbahaya lainnya ini begitu luas. Termasuk juga adanya penyakit-penyakit yang ada di zaman kekinian ini. Sampai di sini dulu. Semoga kita selamat dari segala penyakit yang membahayakan. Amiin. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *