Bacaan Doa Penutup Majelis Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar hari ini sahabat semua? Baik, kan? Semoga selalu dalam lindungan dan rahmat-Nya. Membaca doa penutup majelis itu bagian dari adab yang harus dilakukan. Akhlak seseorang akan tergambar dari bagaimana di mempraktekkan adab-adab dalam kehidupan sehari-hari. Kita sebaiknya selalu meningkatkan akhlak kita. Mengapa? Karena akhlak mulia itu akan memudahkan kita memasuki surga Allah Swt.¬† Bukankah inilah puncak dari kebahagiaan dan kenikmatan. Dunia bila dibandingkan dengan akhirat tidak ada apa-apanya. Dunia ini hanyalah tempat beramal shaleh. Di akhiratlah tempat kita memanen segala amal kita itu.

Sesuatu amalan yang sederhana dan praktis ialah berdoa dalam segala aktivitas kita. Dari setelah tidur hingga mau tidur lagi ada lafaz doanya. Pada umumnya tiap orang memiliki pekerjaan atau boleh pula disebut aktivitas harian. Ada yang jadi pelajar, santri, guru, petani, peternak, pekebun, pedagang, pengacara, wartawan, pegawai negeri, ustadz, karyawan pabrik, dokter, perawat, dan masih banyak lagi deretan profesi. Tidak jarang kita melaksanakan rapat dan pertemuan lainnya. Itu semua bisa disebut majelis atau majlis. Baik itu di lingkup tempat bekerja misal kantor atau perusahaan maupun di lingkungan rumah kita. Kalau di lingkungan kampung misalnya saja arisan dan pengajian antar rumah. Ada saja permasalahan dan acara yang membutuhkan pembahasan khusus yang melibatkan diri kita. Apalagi ketika kita mengikuti pengajian di masjid atau tempat lainnya. Itu merupakan majlis ilmu yang amat utama.

Segala aktivitas tersebut bernilai pahala di sisi Allah Swt. Tentu saja kita pun mesti meniatkan untuk kebaikan dan di dalamnya tidak boleh ada kemaksiatan atau hal-hal yang dimurkai-Nya. Tentunya kalau kita mengamalkan adab-adab perilaku muslim dalam kehidupan sehari-hari maka banyak sekali keutamaannya. Jauh pula dari segala maksiat dan dosa. Seperti kalau di dalam majelis maka kita bila mau mengakhiri maka membaca doa penutup majelis . Lafaznya berikut ini.

Doa Penutup Majelis Lengkap Arab Latin dan Artinya

Latinnya :

SUBHAANAKALLAAHUMMA WA BIHAMDIKA, ASYHADU AL-LAA ILAAHA ILLAA ANTA, ASTAGHFIRUKA, WA ATUUBU ILAIIK.

Artinya :

” Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada – Mu.”

Dengan membaca doa tersebut, insya Allah dosa-dosa kita¬† yang diperbuat di dalam majelis itu akan diampuni. Sesuatu yang mudah diucapkan namun ganjaran kebaikannya besar. Sungguh termasuk orang yang beruntung bila dosanya berkurang dan pahalanya bertambah. Semoga memberikan manfaat bagi sahabat sekalian. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *