Doa Naik Kendaraan Lengkap Arab Latin Arti dan Keutamaannya

Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Gimana kabarnya teman-teman sekalian? Bahagia banget kan di hari ini? Kita sehat merupakan nikmat yang sungguh amat besar. Namun masih dibawah nikmat iman dan Islam. Syukur selalu kita panjatkan ke hadirat Allah Swt. Dengan rahmat-Nya kita menjalani hidup ini dengan selamat dan sentosa. Bentuk syukur itu salah satunya dengan membaca doa naik kendaraan lengkap arab latin artinya. Di zaman ini kita bisa saksikan munculnya teknologi modern dalam bidang transportasi. Sangat cepat perkembangannya. Contoh kendaraan tersebut antara lain : mobil, bus, kereta api, pesawat terbang, jet pribadi, kereta api, sepeda motor, kapal laut, helikopter , dan sebagainya. Hal itu tidak diketemukan pada ratusan tahun yang lalu. Dahulu alat transportasi amat terbatas. Cukup dengan menggunakan kuda, unta, sapi, kerbau, keledai, dokar, delman, becak, sepeda onthel, dan sebagainya.

Dalam tiap aktivitas manusia kita tidak ada yang secara total lepas dari kendaaraan. Dalam gerak langkah kita sangat membutuhkan kendaraan. Jenis kendaraan yang paling banyak di pakai di Indonesia untuk saat ini ialah sepeda motor. Maka tak aneh bila jalan raya sekarang padat sekali dengan sepeda motor. Alat transportasi tergolong paling murah harganya. Setidaknya bila dibandingkan kalau membeli mobil baru. Sangat irit juga dalam segi perawatan dan bahan bakar yang dibutuhkan. Maka kalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah lebih nyaman membeli sepeda motor. Keunggulan lainnya ialah kendaraan ini mampu menembus kemacetan yang parah. Karena ukurannya kecil dan ramping maka amat gampang untuk mencari celah jalan yang bisa dilewati.

Kita sebagai umat Islam memiliki peluang beramal shalih dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Termasuk pula bila berkendaraan. Kita hendaknya membaca doa naik kendaraan setiap hari saat menggunakannya. Berikut ini beberapa doanya yang bisa dibaca.

doa naik kendaraan

Latinnya :
SUBHAANAL-LADZII SAKH-KHARA LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA RABBINAA LAMUNG QALIBUUN.
Artinya :
” Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Atau doa naik kendaraan yang ini:

doa naik kendaraan

Latinnya :
BISMILLAH, ALHAMDULILLAH, SUBHANALLADZI SAKH-KHARA LANAA HADZA WA MAA KUNNA LAHU MUQRINIIN. WA INNA ILAA RABBINA LAMUN-QALIBUUN. ALHAMDULILLAH ALHAMDULILLAH ALHAMDULILLAH. ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR SUBHAHAANA KALLAHUMMA INNI ZHALAMTU NAFSII FAGH FIRLII FA INNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA.
Artinya :
“Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Segala puji bagi Allah Segala puji bagi Allah Segala puji bagi Allah Maha Suci Engkau, ya Allah, Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”
Atau membaca doa naik kendaraan lainnya :

doa naik kendaraan

Latinnya :
(saat menaikkan kaki di kendaraan)
BISMILLAH, BISMILLAH, BISMILLAH
(ketika telah berada di kendaraan)
ALHAMDULILLAH, SUBHAANAL-LADZII SAKH-KHARA LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA RABBINAA LAMUNG QALIBUUN, ALHAMDULILLAH, ALHAMDULILLAH, ALHAMDULILLAH, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, SUBHAANAKA INNI QAD ZHALAMTU NAFSII, FAGHFIRLII FA-INNAHU LAA YAGHFIRUDZ-DZUNUUBA ILLA ANTA.
Artinya :
(saat menaikkan kaki di kendaraan)
Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah
(ketika telah berada di kendaraan)
Segala puji bagi Allah, Maha suci Allah yang telah menundukkan semua ini (kendaraan) bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku telah menzhalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau.

dan bila naik kendaraan laut doanya :

doa naik kendaraan laut

Latinnya :
BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA RABBII LAGHAFUURUR RAHIIM.
Artinya :
“Dengan menyebut nama Allah yang menjalankan ini (kendaraan) berlayar dan juga berlabuh sesungguhnya Tuhanku adalah Maha Pemaaf Lagi Maha Pengasih”.

Keutamaan dari berdoa seperti ini ialah kita akan mendapar ridha-Nya. Dijaga dan diselamatkan selalu. Disamping itu, Allah Swt. akan menambahkan nikmatnya kepada orang yang bersyukur. Kendaraan adalah bentuk pemberian dan kemurahan-Nya. Dengan memiliki kendaraan maka akan membantu kelancaran dan kemudahan berbagai pekerjaan dan aktivitas harian kita. Bahkan dalam beribadah pun sangat terbantu dengan kendaraan. Untuk mendatangi sebuah majelis taklim yang jauh perlu kendaraan yang nyaman. Bila ingin pergi bersilaturahim ke tempat tinggal saudara pun perlu untuk naik kendaraan. Bahkan jika kita berangkat haji dan umrah pun juga sangat perlu transportasi yang memadai. Kita harus mensyukurinya dengan senantiasa menggunakannya untuk kebaikan dan amal shaleh. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *