5 Macam Doa Sebelum Tidur Lengkap Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bagi seorang muslim, tidur itu bukanlah sebuah rutinitas biasa. Pokoknya setiap malam tidur nanti bangunnya pada pagi hari. Lalu mulailah aktivitas rutin selanjutnya yakni bekerja atau sekolah. Kemudian tidur lagi. Lebih dari itu. Seorang muslim hendaknya menganggap bahwa tidur itu adalah karunia Allah Swt. Sebuah nikmat yang perlu disyukuri. Dengan seseorang tidur maka badannya menjadi bisa beristirahat. Itulah istirahat yang paling sederhana dan murah.

Kita bisa membayangkan bila mana tidak tidur sehari semalam saja. Bagaimana rasanya? Tentu saja akan gak enak. Rasa tubuh ini menjadi sangat tidak nyaman. Lemah dan lesu. Bila dilakukan secara terus menerus maka rentan sekali terkena serangan penyakit. Mudah sekali jatuh sakit. Akhirnya, segala jadwal aktivitas maupun pekerjaan kita akan tak bisa dilaksanakan.

Kapan mulai tidur? Sebaiknya kita tidur di awal malam. Seorang muslim itu sebaiknya di dalam menjalani malam segera tidur dan segera pula bangun. Itu bila memang tidak ada aktivitas yang mendesak kepentingannya. Maksud segera tidur ialah tidur di awal malam. Setelah shalat isya langsung tidur. Maksud segera bangun ialah segera bangun sebelum waktu fajar. Sebelum waktu shubuh ia sudah bangun. Pada waktu tersebut sangat bagus untuk melakukan shalat malam. Dari segi kesehatan, tidur saat larut malam juga akan berdampak buruk bagi kondisi tubuh. Sebetulnya, tubuh kita punya sistem tersendiri. Dalam alur sistem tersebut beberapa organ tubuh akan bekerja secara maksimal dengan syarat kita pun mendukung pekerjaannya. Istilahnya membantu pekerjaan organ gitu. Pada jam-jam malam beberapa organ tubuh memiliki jadwal masing-masing untuk membuang racun dari tubuh. Misal saja hati kita bekerja aktif pada pukul 1 malam dini hari. Bila waktu tersebut kita tidur maka kerja hati akan semakin maksimal.

Salah satu adab seorang muslim ialah berdoa di dalam segala aktivitas harian. Mau makan, mau minum, memakai pakaian, dan sebagainya. Tidak lupa membaca doa sebelum tidur dengan rutin. Doa adalah inti ibadah. Ini juga termasuk bagian akhlak mulia. Mengenai bacaan doanya ada beberapa macam. Diantaranya kita bisa simak bersama 5 macam doanya berikut ini :

DOA SEBELUM TIDUR PERTAMA

doa sebelum tidur
Latinnya :
BISMIKA ALLAHUMMA AMUUTU WA AHYAA.
Artinya : “Dengan nama-Mu, ya Allah. Aku mati dan hidup.”

DOA SEBELUM TIDUR KEDUA

doa sebelum tidur
Latinnya :
BISMIKA ALLAHUMMA AHYAA WA BISMIKA AMUUT.
Artinya :
“Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu Ya Allah aku mati. “

DOA SEBELUM TIDUR KETIGA

doa sebelum tidur
Latinnya :
ALLAHUMMA QINII ‘ADZAABAKA YAUMA TAB’ATSU ‘IBAADAK. (Dibaca tiga kali).
Artinya : “Ya Allah! Jauhkanlah aku dari siksaanMu pada hari Engkau membangkitkan hamba-hambaMu.” (Dibaca tiga kali).

DOA SEBELUM TIDUR KEEMPAT

doa sebelum tidur
Latinnya :
BISMIKA RABBII WA DHA’TA JANBII, WA BIKA ARFA’AHU, FA IN AMSAKTA NAFSII FARHAMHAA, WA IN ARSALTAHAA FAHFAZHHAA BIMAA TAHFAZHU BIHI ‘IBAADA KASHSHAALIHIIN.
Artinya :
” Dengan nama Engkau, wahai Tuhanku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan namaMu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi, apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih.”

DOA SEBELUM TIDUR KELIMA

doa sebelum tidur
Latinnya :
ALLAHUMMA INNAKA KHALAQTA NAFSII WA ANTA TAWAFFAAHAA, LAKAMAMAA TUHAA WA MAHYAAHAA, IN AHYAITAHAA FAHFAZH HAA, WA IN AMATTAHAA FAGHFIRLAHAA, ALLAHUMMA INNII AS ALUKAL ’AAFIYAH.
Artinya :
” Ya Allah, sesungguhnya Engkau menciptakan diriku, dan Engkaulah yang akan mematikannya. Mati dan hidupnya hanya milikMu. Apabila Engkau menghidupkannya, maka peliharalah. Apabila Engkau mematikannya, maka ampunilah. Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan.”

Nah, dengan mengetahui beberapa doa tersebut maka bertambahlah ilmu kita. Mengerti arti dari sebauh lafazh doa juga penting, lho. Hal itu bisa meningkatkan kekhusyu’an kita tatkala membacanya. Bila masih belum hafal pada saat ini, maka kita perlu membaca secara berulang-ulang. Insya Allah, lama kelamaan akan bisa hafal. Posisi tidur juga hendaknya miring ke kanan. Bukan ke kiri. Baiklah teman-teman, sampai di sini dahulu ya. Kita bertemu di dalam pembahasan lainnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *