Doa Sebelum Makan dan Minum Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kali ini saya mau menuliskan doa yang dilafazhkan saat sebelum makan. Persoalan makan memang sangat penting dalam kehidupan. Sampai ada yang mengatakan bahwa hidupnya untuk makan. Memang makan itu penting sekali dalam hidup ini. Tetapi tidak benar bila hidup itu untuk makan saja. Banyak yang perlu dilakukan di dalam hidup ini. Pada praktek atau kenyataannya, hidup ini digunakan untuk banyak hal. Lebih dari sekedar makan.

Makanan memang bukan hal yang tidak diperhatikan di dalam agama. Bahkan agama Islam sangat memperhatikannya. Terbukti di dalam Al-Quran ada Surat Al-Maidah, tepatnya surat yang ke lima. Al-Maidah sendiri berarti makanan yang terhidang. Banyak juga ayat yang menerangkan tentang makanan. Kita disuruh atau diperintah oleh Allah Swt. untuk memilih makanan yang halal serta baik. Diperintah pula untuk menjauhi dan dilarang untuk makan makanan yang haram.

Makanan sangat berpengaruh dalam hidup seseorang. Orang yang makan makanan haram bisa menjadikan pelakunya masuk neraka. Di dunia pun sudah tampak dampaknya. Orang yang terbiasa mengkonsumsi makanan haram akan sulit untuk melakukan ketaatan dan ibadah. Maka sangat penting sekali untuk memilih dan memilah aneka jenis makanan.

Salah satu barang konsumsi yang amat besar nilainya adalah makanan. Besaran uang untuk belanja makanan dari tiap rumah tangga pada tiap harinya cukup besar. Tidak kalah dengan biaya atau pengeluaran lainnya. Pengeluaran lainnya itu misalnya untuk belanja fashion atau pakaian, membayar listrik, membayar air, biaya pendidikan, perawatan kendaraan, dan lain-lain. Akan sangat rugi bila kita sudah mengeluarkan biaya yang besar namun tidak memberikan kebaikan kepada diri dan keluarga kita.

Makan merupakan bagian dari ibadah kepada Allah Swt. Bila disebut makan di sini maka termasuk pula minum. Karena keduanya ibarat sebuah koin mata uang. Sebagai muslim yang baik, perlu sekali memperhatikan adab makan dan minum. Salah satu adab yang terpenting adalah membaca doa sebelum makan dan minum dengan rutin. Tiap mau makan atau minum selalu berdoa. Mengenai lafazhnya yakni :

doa sebelum makan

Latinnya : BISMILLAH
Artinya : “Dengan nama Allah Swt. ”

dan dilanjutkan dengan membaca :

doa sebelum makan

Latinnya :
ALLAAHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA RAZAQ TANAA WAQINAA ‘ADZAA BANNAR.
Artinya:
“Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau anugerahkan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.

atau

doa sebelum makan

Latinnya :
ALLAAHUMMA BAARIK LANAA FIIHI WA UTH’IMNAA KHAIRAN MINHU.
Artinya: ”
Ya Allah, Berilah kami berkah dengan makan itu dan berilah makanan yang lebih baik.”

Doa tersebut sangat pendek dan mudah sekali untuk menghafalnya. Setelah hafal maka tinggal dipraktekkan di dalam kehidupan sehari-hari. Untuk adab atau tata cara makan dan minum lainnya yakni :
1.Menggunakan tangan kanan.
Hindari makan dengan tangan kiri. Karena makan dengan tangan kiri itu adalah kebiasaan setan.
2. Menunggu setelah dingin makanan atau minuman tersebut.
Makanan atau minuman yang masih panas hendaknya tidak langsung dimakan. Kita tunggu sampai dingin atau setidaknya hangat. Makanan yang panas membuat gigi menjadi rusak, ini pesan dari para dokter atau ahli gigi. Makanan atau minuman yang panas pun akan menyulitkan enzim pencernaan melakukan tugasnya membantu proses pencernaan makanan.
3. Tidak makan sampai kekenyangan.
Makan yang terlalu kenyang kurang bagus bagi kesehatan tubuh. Bahkan Rasulullah Saw. memberikan tauladan cara makan yang benar. Beliau berhenti makan sebelum kenyang.

Demikian artikel ini semoga memberikan manfaat bagi para pembaca yang budiman. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *