Doa Memakai Pakaian Baru Lengkap Dengan Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada saat artikel ini ditulis, waktu menunjukkan pukul setengah dua lebih 10 menit. Tepatnya pada hari jumat di bulan syaban. Hari dimana kaum muslimin khususnya yang laki-laki melaksanakan shalat jumat berjamaah di masjid. Cuaca cerah dan suhu udara lumayan panas. Sehingga saat berada di ruangan pun harus menyalakan kipas angin supaya nyaman atau mengurangi rasa panasnya suhu udara. Karena sudah masuk bulan syaban maka bulan yang dinanti-nantikan oleh umat Islam itu akan segera tiba. Itulah bulan suci Ramadhan.

Pada bulan tersebut, kaum muslimin melakukan ibadah puasa wajib. Dikerjakan selama satu bulan penuh. Dikarenakan dalam bulan hijriyah itu setiap bulan jumlahnya kalau tidak 30 hari maka 29 hari maka sebanyak itulah seseorang melakukan puasa. Terkecuali para muslimah. Mereka tidak diperbolehkan berpuasa tatkala haid atau datang bulan. Hendaknya mereka menggantinya pada hari-hari di luar bulan ramadhan. Bisa itu di bulan syawal, dzulhijjah, muharam, rajab, dan lainnya.Dengan beribadah puasa maka seseorang akan meningkat imannya dan menjadi orang yang bertaqwa.

Ada sebuah kebiasaan kaum muslimin yang dilakukan menjelang selesainya bulan ramadhan. Atau tetapnya beberapa hari sebelum idul fitri atau lebaran tiba. Membeli pakaian baru yang kami maksudkan. Boleh dibilang ini adalah kebiasaan yang sudah dari dulu dilakukan. Maka tak heran bila banyak toko pakaian, pasar pakaian, mall, dan tempat obral pakaian menjadi ramai dengan para pengunjung. Bahkan kini tidak sedikit yang membeli pakaian secara online. Butuh baju baru tinggal buka handphone dan memilih sesuai kesukaan hati. Di sana pun tersedia variasi harga serta ongkos kirimnya. Mana yang cocok bisa dipilih. Tentu saja baik itu membeli pakaian secara online maupun offline tetap memiliki kelebihan maupun kekuarangan. Masing-masing bisa kita timbang.

Membeli pakaian baru menjelang lebaran memang sudah banyak yang melakukannya. Tidak sedikit masyarakat yang membeli pakaian baru itu bukan untuk dipakainya sendiri. Namun, membeli untuk orang lain. Misalnya saja membelikan baju untuk ayahnya di kampung, membelikan untuk adiknya, untuk keponakan, dan lain sebagainya. Dari sini ada nilai sedekah yang luar biasa. Apalagi, sedekah yang dilakukan di bulan ramadhan. Seseorang yang membelikan pakaian kepada orang tuanya tentu juga bisa dikatakan sebagai bentuk birrul walidain (bakti kepada kedua orang tua). Tatkala seseorang membeli pakaian untuk saudaranya yang mungkin hidupnya kekurangan maka ini juga bernilai sedekah yang besar karena dilakukan kepada karib kerabat. Hal ini dapat juga bernilai menyambung tali silaturahmi.

Baik kita mendapatkan suatu pakaian itu dari membeli dengan uang sendiri atau diberi oleh orang lain. Tetap saja itu adalah nikmat yang harus kita syukuri. Semuanya adalah pemberian dari Allah Subhanahu wa ta’ala pada hakikatnya. Hanya saja cara atau lewatnya saja yang kadang berbeda-beda. Ada dari berbagai jalan. Salah satu cara menyukuri nikmat tersebut yakni dengan tidak lupa membaca doa memakai pakaian baru saat sebelum mengenakannya. Lafazh doanya ialah

Doa Memakai Pakaian Baru
Latinnya :
ALLAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA KASAUTANIIHI AS ALUKA MIN KHAIRIHI WA KHAIRI MAA SHUNI’A LAHU WA A’UDZU BIKA MIN SYARRIHI WA SYARRI MAA SHUNI ’ALAH.
Artinya :
” Ya Allah, hanya milik-Mu lah segala pujian. Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku memohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikan dari pakaian ini dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang diciptakan karenanya.”

Kalau kita belum hafal doa tersebut, kita bisa tulis dan tempelkan di almari atau tempat yang kita gunakan untuk memakai baju. Bisa juga membeli stiker tentang doa di atas. Yang terpenting kita bisa amalkan doa tersebut. Di dalam makna dari doa di atas secara garis besar kita ingin bahwa pakaian baru yang kita kenakan menjadi berkah. Membawa kebaikan di dunia dan di akhirat serta terjauhkan dari keburukan. Pakain yang baru kita kenakan itu bermanfaat. Membantu kita untuk lebih baik lagi ibadahnya kepada Allah. Serta dijauhkan dari kesombongan akibat mengenakan pakaian tersebut. Amiin. Semoga bermanfaat artikel ini untuk para pembaca yang berbahagia. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *