Doa Bangun Tidur Sesuai Sunah Lengkap Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Setiap hari kita melakukan tidur. Dalam sehari waktunya dua puluh empat jam. Selama itu pula ada beberapa jam yang digunakan untuk tidur. Dalam kisaran waktu tersebut barangkali tidak hanya sekali saja kita tidur. Yang paling pokok adalah tidur di waktu malam. Maksud waktu malam ini adalah ditandai dengan terbenamnya matahari secara sempurna sehingga kondisi wilayah tersebut tidak terkena paparan sinar matahari. Akibatnya kondisi wilayah tersebut menjadi gelap gulita. Kondisi tersebut berakhir hingga terbitnya kembali matahari. Dengan telah terbit maka kondisi kembali terang benderang.

Saat waktu malam ini dipakai sebagian besar untuk tidur. Bentuk istirahat yang terbaik dan termurah adalah dengan tidur. Allah subhanahu wa ta’ala bahkan menyebut masalah tidur ini di dalam Al-Quran. Tepatnya pada Surat Ar-Rum ayat 23 yang artinya, ” dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan “. Bahkan di waktu siang pun sebagiannya juga dipakai untuk tidur. Meski hanya beberapa menit saja. Tidak sampai satu jam. Meski sejenak, tetapi itu sudah termasuk tidur yang membuat tubuh terasa hilang rasa lelahnya. Di waktu siang memang sebagian besar dimanfaatkan manusia untuk bekerja dan aktivitas rutin lainnya.

Durasi tidur di waktu malam umumnya sampai delapan jam. Bahkan ada juga seseorang durasinya yang kurang dari itu. Ada yang tidur hanya lima, enam, atau tujuh jam tiap malamnya. Yang terpenting adalah menjadikan tidur itu benar-benar berkualitas. Tetapi kurang tidur di waktu malam akan berpengaruh juga bagi kesehatan tubuh manusia. Secara alami waktu malam memang waktu terbaik seseorang untuk tidur. Beberapa manfaat tidur bagi kesehatan antara lain :
1. Meningkatkan kekebalan tubuh manusia.
Dengan tidur yang cukup maka tubuh akan memiliki tingkat kekebalan yang bagus. Dengan kekebalan yang baik itu, maka tubuh kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Bayangkan bila kekebalan tubuh rapuh. Sedikit-sedikit akan mudah sakit. Tentu hal ini tidak kita inginkan dalam kehidupan.
2. Tidur yang cukup dapat meningkatkan usia harapan hidup manusia.
Bila tidur kita cukup dan berkualitas maka akan meningkatkan kesehatan manusia. Bila seseorang sehat maka berpotensi memperoleh panjang usianya.
3. Memperkuat daya ingat.
Orang yang tidurnya cukup dapat menjadikan ia tajam ingatannya. Tidak mudah lupa akan sesuatu yang diingatnya. Otak dapat bekerja efektif bila manusia tidurnya cukup.
4. Meningkatkan produktivitas di siang hari.
Bila seseorang tidurnya cukup di malam hari maka badannya akan segar. Di siang hari ia akan siap untuk menjalankan berbagai aktivitas yang menjadi tugasnya. Kondisi badan yang segar itu akan menjadikan hidupnya lebih produktif. Ia akan bisa lebih berprestasi dalam bekerja maupun belajar.
5. Dapat menjaga berat badan.
Tidur yang cukup dapat menjaga nafsu makan. Orang yang kurang tidur bisa menjadikan mudah muncul rasa lapar. Dengan begitu tentu orang akan secara spontan ingin makan terus. Bila demikian terjadi, tentu dapat terjadi kegemukan.

Begitu pentingnya tidur. Aktivitas yang satu ini tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan seseorang. Siapa pun dia. Baik itu orang kaya maupun miskin. Orang tua maupun anak-anak. Semua orang butuh akan tidur. Tidak mungkin seseorang bisa tidak membutuhkan tidur dalam hidupnya. Dalam sehari semalam saja sulit untuk orang meninggalkan tidur. Kalau itu terpaksa dilakukan maka hari berikutnya ia akan terserang rasa kantuk yang berlebihan. Tidak bisa menjalankan aktivitas dengan normal seperti sedia kala. Karena tubuh manusia punya hak untuk beristirahat dengan cara tidur.

Dalam agama Islam, ada adab yang penting untuk dilakukan dalam hal tidur ini. Kali kita fokuskan tentang ketika seseorang bangun dari tidurnya. Kita paham bahwa hakikat hidup ini adalah untuk beribadah kepada Allah Swt. Segala kegiatan yang dilakukan berharap memperoleh ridha dari-Nya. Termasuk hal ini. Maka kita disunahkan untuk membaca doa bangun tidur selalu. Mengenai lafazhnya adalah sebagai berikut.

Pertama :

Doa Bangun Tidur Sesuai Sunah
Latinnya :
LAA ILAHA ILLALLAAHU WAHDAHULAA SYARIIKALAHU, LAHUL MULKU, WA LAHULHAMDU, WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI IN QADIIR. SUBHAANALLAAHI WAL HAMDULILLAAHI, WA LAA ILAHA ILLALLAAHU, WALLAAHU AKBAR. WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL ‘ALIYYIL ‘ADZHIIM. RABBIGHFIRLII.
Artinya :
” Tiada Tuhan yang haq selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujian. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan yang haq selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Wahai Tuhanku! Ampunilah dosaku.”

Kedua :

Doa Bangun Tidur
Latinnya :
ALHAMDU LILLAAHILLADZII AHYAANAA BA’DAMAA AMAATANAA WA ILAIHINNUSYUUR.
Artinya :
“Segala puji bagi Allah, yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan.”
Doa seperti ini bersumber dari hadits riwayat Bukhari.

Ketiga :

Doa Bangun Tidur
Latinnya :
ALHAMDU LILLAHILLADZI ‘AAFAANII FII JASADII, WA RADDA ALAYYA RUHII, WA ADZINA LII BI DZIKRIH.
Artinya :
” Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan mengembalikan ruhku kepadaku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya.”
Doa ini bersumber dari hadits riwayat At-Tirmidzi.

Kita bisa memilih diantara doa di atas. Bisa juga menggunakan semuanya. Yang paling penting adalah pada amaliah harian doa tersebut. Tatkala kita bangun dari tidur sebenarnya itu adalah nikmat yang luar biasa. Wajib untuk kita mensyukuri hal itu. Salah satu cara bersyukur adalah mengakui bahwa bisa bangun tidur itu karena rahmat dan pemberian dari Allah Swt. Selanjutnya, kita sempurnakan syukur kita dengan berdoa. Sampai di sini semoga bermanfaat. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Facebook Comments

Leave a Reply

Comments are closed.