Doa Masuk Masjid Yang Panjang Lengkap Dengan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Di dalam masjid hatiku tenang dan tentram. Inilah sedikit pengakuan yang bisa datang dari semua muslim di muka bumi ini. Mereka merasakan betapa bahagianya bila sedang berada di dalam masjid. Segala masalah yang menimbulkan kesusahan dan kesedihan hati dapat hilang atau setidaknya teredam kala seseorang berada di dalam masjid. Ada pun bila sedang ada rasa tertekan karena pekerjaan atau tuntunan tugas lainnya, beribadah di masjid menjadi solusi untuk menghilangkan rasa tersebut. Sehingga semua bisa dijalani dengan ringan tanpa stress. Ini menjadi bukti bahwa begitu luar biasa curahan rahmat Allah subhanahu wa ta’ala yang diberikan kepada orang-orang yang mau pergi ke masjid.

Setidaknya di dalam kita hidup sehari semalam itu ada lima kali kita diseru untuk melakukan ibadah shalat wajib. Panggilan adzan menjadi bentuk seruan untuk memanggil kaum muslimin untuk segera mendirikan ibadah shalat wajib seperti dhuhur, asar, maghrib, isya, dan juga subuh. Pelaksanaan lima shalat ini sangatlah lebih bagus bahkan sangat dianjurkan untuk dikerjakan di dalam masjid. Didirikan shalat wajib secara berjamaah. Ada imamnya dan juga makmumnya. Terkhusus bagi para laki-laki. Jika para wanita mengerjakan di rumah tidaklah mengapa. Tetapi bila mereka mengerjakan di dalam masjid tidaklah boleh dilarang. Yang terpenting tetap menjaga diri dan tidak memakai wangi wangian yang berlebihan sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan fitnah.

Lima kali kita dipanggil untuk menjalankan shalat secara berjamaah di dalam masjid. Maka sebanyak itu pulalah kita melangkahkan dua kaki kita menuju ke dalam masjid. Kalau sehari lima kali maka dalam satu pekan sudah tiga puluh lima kali. Bila dalam satu bulan yang jumlah harinya tiga puluh hari maka sudah menjadi seratus lima puluh kali kita ke masjid. Yang menjadi perhatian kita di sini ialah adab ketika memasuki masjid. Kita akan membicarakannya pada kesempatan kali ini. Saat dari rumah sebaiknya kita sudah mengambil air wudhu terlebih dahulu. Sehingga ketika sudah sampai masjid maka tinggal masuk saja tanpa harus berwudhu lagi. Namun, bila berwudhu di masjid pun juga tidaklah dilarang. Pilihlah pakaian yang terbaik bila hendak ke masjid. Yang dimaksudkan terbaik ini tidaklah berarti baru atau belum lama dibeli dari toko baju. Atau juga bukan berarti pakaian yang berharga mahal. Hingga tidak setiap orang mampu untuk membelinya. Akan tetapi yang dimaksud terbaik ini ialah pakaian yang paling baik yang kita miliki di rumah. Khusus untuk laki-laki tidak lupa untuk menggunakan juga peci atau kopyah ataupun yang sejenisnya. Ini menjadi penambah hiasan dalam berpakaian. Selanjutnya untuk laki-laki lagi agar menggunakan parfum atau wewangian. Tidaklah berakhlak bila di dalam masjid orang tersebut menggunakan pakaian yang kotor serta berbau kurang sedap. Tentu saja kondisi semacam ini bisa mengganggu suasana ibadah di masjid. Saat kita melangkahkan kaki ke dalam masjid jangan lupa pula untuk membaca doa masuk masjid dengan sir atau pelan. Mengenai lafaznya yakni:

Doa Masuk Masjid Yang Panjang
doa masuk masjid yang panjang

Latinnya :
A’UDZU BILLAHIL ‘AZHIMI WA BI WAJHIHIL KARIMI WA SULTHAANIHIL QADIIMI MINAS SYAITHAANIR RAJIIM. BISMILLAAHI WAL HAMDULILLAAH. ALLAAHUMMA SHALLI WA SALLIM ‘ALA SAYYIDINA MUHAMMADIN WA ‘ALA AALI SAYYIDINA MUHAMMAD. ALLAHUMMAGHFIRLI DZUNUBII WAFTAHLI ABWAABA RAHMATIK.
Artinya:
” Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Wahai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku segala pintu rahmat-Mu “.

atau bisa membaca doa yang lebih pendek di bawah ini

doa masuk masjid sesuai sunah

Latinnya :
BISMILLAAH WAS SALAAMU ‘ALA RASUULILLAH. ALLAAHUMMAGHFIR LII DZUNUUBII WAF TAHLII ABWAABA RAHMATIK.
Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah kepadaku pintu rahmat-Mu”.

Kita bisa memilihnya salah satu. Tidak juga boleh dilupakan tentang adabnya ketika memasuki masjid agar melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu. Ini sesuatu yang sederhana tetapi kadang banyak yang melupakannya. Padahal, ini bagian dari adab yang penting sesuai sunah. Kemudian di dalam doa masuk masjid yang panjang di atas terdapat makna yang penting untuk kita ketahui. Di sana kita bershalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Kita pun juga memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Berikutnya kita mohon agar dibukakan pintu rahmat. Sehingga kita mendapatkan rahmat dari Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan rahmat Allah tersebut maka hidup kita akan dipenuhi dengan kebahagiaan dan kesejahteraan. Ucapan doa seperti ini tidaklah boleh dilupakan. Manfaatnya sangat besar di dalam hidup ini. Di akhirat nanti pahala itu disempurnakan. Ketika kita rutin atau tidak lupa selalu membaca doa ini ketika memasuki masjid maka dalam sehari sudah lima kali berdoa. Dalam sepekan sudah berapa? Di dalam sebulan sampai setahun sudah berapa? Sungguh banyak sekali pahalanya. Yang juga perlu kita ingat pula bahwasannya tidaklah hanya karena shalat saja kita menuju masjid itu. Kenyataannya demikian. Banyak acara yang tempatnya adalah masjid. Misalnya saja pengajian rutin. Kita bisa temui banyaknya agenda pengajian yang dilakukan di dalam masjid. Jadi bisa lebih dari lima kali kita memasuki masjid yang merupakan rumah Allah tersebut. Semoga kita dimudahkan beramal kebaikan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Facebook Comments

Leave a Reply

Comments are closed.