Tips Mengatasi Kejenuhan Belajar Di Rumah

Cara Mengatasi Kejenuhan Belajar Di Rumah

Belajar dari rumah sejatinya sudah sejak lama dilakukan. Kita dulu sudah biasa kalau dari sekolah itu ada yang namanya PR atau pekerjaan rumah. Baik itu tugas dari mata pelajaran berhitung, bahasa, dan ketrampilan. Yang namanya PR tentu mengerjakannya di rumah. Di sekolah ada tugas yang lainnya. Hal seperti itu sudah berlangsung sejak lama. Baik itu untuk tingkatan sekolah dasar maupun menengah. Enjoy saja melaksanakan tugas yang diberikan. Tidak masalah.

Berbeda dengan saat ini. Kegiatan belajar di sekolah ditiadakan untuk sementara waktu. Kemudian diganti dengan pembelajaran jarak jauh. Belajar dilakukan dari rumah. Sering disebut sebagai BDR. Ada pula yang menyebut pembelajaran daring. Hal semacam ini terjadi karena bukan apa-apa. Tetapi karena munculnya pandemi penyakit covid 19 yang melanda negeri ini. Bahkan hampir seluruh negara-negara di dunia mengalami dampak dari adanya pandemi corona tersebut.

Ketika kita belajar dari rumah di masa pandemi ini ada banyak hal yang baru. Terutama belajarnya dalam waktu yang lama. Dalam arti tidak sesingkat kalau dahulu kita belajar di rumah sekedar mengerjakan tugas pekerjaan rumah. Kini belajar di rumah durasinya sama dengan belajar di sekolah. Seharian kita di rumah belajar materi pelajaran seperti halnya kalau kita di kelas. Menghadapi hal ini kita perlu tahu tips bagaimana agar belajar di rumah bisa tetap semangat dan bisa sukses.

Belajar di rumah kadang muncul rasa jenuh dan bosan. Sebagai sesuatu yang wajar bila rasa bosan dan jenuh itu muncul. Maklum hal ini terjadi tidak diprediksi sebelumnya. Sama sekali tidak diduga proses belajar di rumah yang panjang ini terjadi. Memang pandemi pun juga tidak terprediksi. Maka kita pun perlu mempersiapkan segala hal agar kita tetap bisa belajar dari rumah tanpa rasa jenuh dan bosan. Berikut ini beberapa tipsnya.

  1. Bangun di awal waktu.
    Meskipun belajarnya bertempat di rumah bukan di sekolah kita tetap perlu mempersiapkan dari sepagi mungkin. Kita perlu bangun pagi di awal waktu. Sebaiknya kita bangun tidur di waktu sebelum shalat subuh. Paling lambat kita bangun di waktu adzan shalat subuh. Ketika kita bisa bangun pagi maka persiapan dalam belajar secara daring atau online ini pun bisa benar-benar siap.
  2. Segala peralatan dan perlengkapan sudah siap.
    Ini juga perlu menjadi perhatian penting. Peralatan belajar seperti buku, bolpoin, pensil, dan juga handphone sudah harus siap. Kalau pun habis paket datanya maka kita perlu membeli dulu. Tatkala hp nya nanti dipakai maka sudah siap sedia. Tidak dipungkiri lagi untuk pembelajaran dari rumah ini hp sangatlah penting. Peralatan ini menjadi hal yang perlu kita perhatikan.
  3. Mengawali belajar dan mengakhirinya dengan berdoa.
    Ini menjadi hal yang tak boleh dilupakan. Berdoa akan menjadikan segala hal menjadi berkah dan sukses. Urusan kita akan dimudahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala tatkala kita memohon pertolongan dari-Nya. Saat akan memulai belajar maka kita berdoa. Demikian pula setelah selesai dari belajar pun kita mesti berdoa. Akan lebih baik juga kita membaca beberapa ayat Al-Quran sebelum kita belajar. Pikiran kita akan lebih segar. Bisa pula ditambah dengan melakukan shalat sunah dhuha dulu di pagi hari.
  4. Memilih ruangan yang nyaman di rumah.
    Pilihlah ruangan di rumah yang kamu anggap paling nyaman. Misalnya di ruang tidur pribadi atau di teras rumah. Terserah saja memilih ruangannya. Yang terpenting ruangan tersebut enak dan menyenangkan. Kita nanti bisa belajar lama di ruangan itu tanpa muncul rasa jenuh dan bosan. Kalau di ruangan rumah kita belum dirasa nyaman. Kita bisa membuatnya menjadi lebih nyaman. Misalnya saja kalau udaranya panas maka kita pasangi kipas angin. Saat barang-barangnya banyak yang berserakan maka kita rapikan.
  5. Sarapan dulu sebelum mulai belajar di pagi hari.
    Makan sarapan menjadi amat penting dilakukan. Dari makan sarapan ini kita akan mendapatkan suplai energi. Dalam belajar kita perlu asupan makanan penghasil energi. Saat belajar kita perlu berpikir banyak. Proses berpikir ini perlu energi. Maka makan sarapan jangan dilupakan meskipun kita tidak bepergian sama sekali. Usahakan juga memilih menu makan sarapan pagi yang mengandung nutrisi. Tidak mesti yang bergizi itu mahal harganya. Yang murah dan bahkan gratis pun bisa kita peroleh di sekitar kita. Termasuk juga makan siang dan malam pun jangan sampai dilupakan. Takutnya kalau lupa makan bisa berakibat sakit nantinya.
  6. Selingi waktu belajar dengan rileksasi.
    Saat belajar di rumah kita pun perlu jeda. Kita perlu istirahat sebentar. Dengan istirahat itu kita akan bisa melakukan rileksasi. Usahakan belajar di rumah tidak membuat kita mudah lelah. Jadikan belajar menyenangkan dan tidak mudah bosan. Kita bisa istirahat sebentar dengan merebahkan badan. Bisa pula dengan berjalan-jalan sebentar. Atau dengan makan camilan yang sehat. Akan lebih baik juga kita sediakan waktu berolah raga ringan seperti sepeda santai mengelilingi kampung.
  7. Tetap sering berkomunikasi dan berdiskusi dengan teman-teman.
    Meskipun kita tidak belajar di kelas atau sekolah, tetap saja penting untuk selalu berkomunikasi dengan teman-teman. Kita perlu berdiskusi dengan mereka. Ketika kita mengerjakan tugas yang begitu sulit akan menjadi mudah bila kita berdiskusi dengan teman-teman. Rasa jenuh dan bosan pun bisa hilang dengan berkomunikasi dan berdiskusi semacam itu.

Itulah beberapa tips mengatasi kejenuhan belajar di rumah. Dengan cara di atas, insya Allah kita bisa tetap bersemangat dalam belajar. Prestasi pun bisa mudah diraih. Ilmu yang bermanfaat bisa kita peroleh.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *