Doa Keluar WC Lengkap Dengan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Setiap kali kita pergi ke WC atau toilet. Bahkan tiap pagi atau setiap hari kita melakukannya. Sebab semua itu dilakukan sebagai rutinitas untuk membuang kotoran yakni buang air besar. Lancarnya membuang kotoran atau buang air besar ini merupakan bagian nikmat yang mesti kita selalu di syukuri. Rasanya plong bila sudah bisa keluar kotorannya itu.

Saat setelah selesai buang air besar, kita pun keluar dari WC. Nah, kita sudah selayaknya membaca doa keluar WC saat itu. Ini menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Mengenai lafadznya yakni:

tulisan latinnya :
ALHAMDULILLAHIL LADZII ADZHABA ‘ANNIL ADZAA WA ‘AAFAANII.
Artinya :
Segala puji milik Allah yang telah menghilangkan dariku kotoran/ penyakit dari badanku dan yang telah menyehatkanku.

Singkat doanya. Dengan begitu kita akan mudah untuk bisa menghafalkannya. Saat kita keluar dari WC maka kita patut untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah subhanahu wa ta’ala. Bagaimana tidak? Orang yang bisa BAB atau buang air besar itu akan merasakan hal yang nyaman dan enak sekali. Bahkan ada fenomena menarik yang sering terjadi kaitannya dengan orang yang bisa BAB lancar tersebut. Pikiran orang tersebut akan menjadi lebih cemerlang setelah bisa BAB secara lancar. Saat ada rapat misalnya. Maka akan muncul ide-ide yang cerdas.

Mungkin ada yang beranggapan hal itu biasa-biasa saja. Akan tetapi, kalau dibalik misalnya. Dibalik dalam arti kita membayangkan seolah-olah susah dan sulit untuk buang air besar. Maka dalam keadaan yang demikian barulah kita akan menyadari begitu nikmat dan pentingnya bisa BAB dengan lancar di WC. Metode terbalik ini cukup efektif untuk mengubah persepsi seseorang yang salah dalam menganggap sesuatu. Utamanya tentang nikmat Allah Subhanahu wa ta’ala yang telah kita rasakan.

Ketika dibalik akhirnya akan memudahkan kita untuk menyadari memang luar biasa nikmatnya bisa buang air besar secara lancar itu. Dan mesti juga untuk diingat bahwasannya yang bisa menghilangkan kotoran atau mengeluarkan kotoran dari badan kita itu hanya Allah subhanahu wa ta’la. Sedangkan kita semua tahu bahwasannya kotoran tersebut adalah penyakit. Maka mestilah harus dikeluarkan segera.

Ini artinya bahwa bisa melakukan buang air besar dengan lancar itu juga membuat diri kita semakin sehat. Nikmat sehat ini semakin penting dari dulu hingga saat ini. Bahkan nikmat sehat itu peringkatnya nomor dua setelah nikmat memiliki iman. Maka kita memuji kepada Allah subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan kenikmatan kesehatan dengan ditandai bisa lancar buang air besar itu. Dari kesehatan ini maka kita akan bisa melakukan berbagai hal dengan lancar dan tidak ada halangan yang berarti.

Bentuk syukur yang penting dalam kaitannya keluar dari WC yakni membaca doa. Di samping membaca doa, ada juga beberapa adab ketika keluar dari WC ini yang perlu diperhatikan. Diantaranya saat keluar dari WC kita melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu. Meski pun sederhana tetapi ini juga amat penting dan bermanfaat. Demikian semoga menambah kebaikan atas apa yang kami tulis ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *