Doa Berlindung Dari Empat Keburukan

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Mempelajari doa berlindung dari empat keburukan amatlah perlu kita segerakan. Betapa tidak? Kita yang hidup di alam dunia fana ini selalu berharap untuk mendapatkan kebaikan-kebaikan. Setiap waktu dan setiap nafas kita. Harapannya selalu seperti itu. Akan tetapi, di dunia ini ada berbagai keburukan. Kita sebagai makhluk yang amat lemah perlu sekali memohon perlindungan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Kalau dirinci apa saja keburukan yang ada di muka bumi ini tentu akan banyak sekali. Kita mungkin akan kesulitan dalam menghitungnya atau menguraikannya satu per satu. Tetapi, kita bisa memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala dari beberapa keburukan. Diantara keburukan tersebut yakni hati yang tak khusyuk, ilmu yang tidak bermanfaat, doa yang tidak dikabulkan, serta jiwa yang tidak puas.

Kita bisa membaca doa berlindung dari empat keburukan. Di dalam kesempatan ini kita akan membahas lebih jauh mengenai doanya. Untuk pertama yang mesti kita ketahui dulu yakni berkaitan dengan lafadz atau tulisan arabnya. Lalu, bila sudah mengetahui tulisan arabnya maka kita perlu tahu artinya. Kalau sudah paham atau menguasai bahasa arab mungkin akan langsung tahu arti dari setiap lafadz doa. Tetapi, karena banyak yang belum menguasai bahasa arab maka perlu kami tulis artinya juga di sini. Berikut bisa kita simak.

Doa Berlindung Dari Empat Keburukan Lengkap

Latinnya:
ALLAHUMMA INNI A’UUDZU BIKA MIN ‘ILMIN LAA YANFA’ WA MIN QALBIN LAA YAKHSYA’ WA MIN NAFSIN LAA TASYBA’, WA MIN DU’AA IN LAA YUSMA’.
Artinya:
” Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak merasa puas, dan dari doa yang tidak didengar (tak dikabulkan).”

Setelah mengetahui lafadz doanya sekarang kita bisa langsung menghafalkannya. Tidak sulit kalau memang betul-betul ditekuni. Beberapa kesempatan yang ada bisa dimanfaatkan untuk menghafal doa tersebut. Ada beberapa penjelasan penting mengenai arti atau makna dari doa di atas.

Berkaitan dengan arti doa agar terhindar dari empat hal ada beberapa hal yang perlu kita pahami. Pemahaman ini amat penting karena bila kita paham maka membacanya pun akan lebih khusyuk. Mengenai makna ilmu yang bermanfaat maksudnya sebuah ilmu yang taik memberikan manfaat bagi para pemiliknya. Baik itu manfaat saat di dunia ini. Terlebih manfaatnya bagi akhirat kelak.

Maksud dari hati yang tidak khusyuk ialah kondisi hati yang tak merasa tenang di saat berdzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bahkan hati tersebut tidak mampu menghayati dan merenungkan ayat dan kekuasaan Allah. Kondisi hati tersebut tentu tidak ingin terjadi pada diri kita bukan? Kita tentu menginginkan hati yang khusyuk selalu.

Lantas maksud jiwa yang tidak puas yakni kondisi jiwa yang tidak bisa qanaah dan bersyukur atas segala nikmat Allah subhanahu wa ta’ala. Orang yang memiliki jiwa seperti ini tentu tidaklah akan beruntung. Ia akan jauh dari rasa bahagia. Terlebih lagi bagi orang yang tidak bersyukur itu maka tidak akan ditambah nikmatnya.

Sedangkan doa yang tidak didengar ialah doa yang tidak dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Tentu saja kita semua sangat menginginkan doa-doa yang dipanjatkan setiap saat atau hari itu bisa dikabulkan. Semua orang muslim tentu berharap dengan sangat agar doanya dapat dikabulkan. Demikian pembahasan kali ini. Akhirnya, kami berharap artikel ini menambah kemanfaatan bagi teman-teman semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *