Doa Menerima Zakat Fitrah Beserta Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman tentu berbahagia bila bulan Ramadhan segera tiba. Di saat itu kita bisa beribadah dengan baik dan dapat meraih pahala sebanyak-banyaknya. Kesempatan seperti tidak boleh terabaikan begitu saja. Selain puasa ada juga amalan ibadah penting yang biasa dikerjakan pada bulan ramadhan. Satu diantaranya ialah membayar zakat fitrah. Hukum membayar zakat fitrah pun termasuk hal yang wajib bagi tiap muslim baik laki-laki maupun perempuan. Kalau sudah mampu maka wajib membayarnya.

Anak-anak pun juga tetap wajib membayar zakat fitrah. Hanya saja, bagi anak-anak tentu yang membayarkannya adalah kedua orang tuanya. Karena anak-anak belum memiliki kemampuan tentunya. Bentuk zakat fitrah berupa makanan pokok. Dengan membayar zakat maka kita telah memenuhi kewajiban sebagai seorang muslim. Dimana zakat termasuk bagian dari rukun Islam yang lima itu. Maka sebagai seorang muslim yang baik tentu akan membayar zakat fitrah ini.

Ada yang membayar zakat fitrah. Di pihak yang lainnya ada yang menerima zakat fitrah. Di saat ada yang memberi maka ada yang menerima. Satu hal yang perlu menjadi perhatian bagi mereka yang mendapatkan zakat fitrah. Bagi orang yang menerima zakat fitrah ada doa yang bisa dilafadzkan. Doa menerima zakat fitrah yakni:

doa menerima zakat

Latinnya :
AAJARAKALLAAHU FIIMAA A’THAITA WA BAARAKA FIIMAA ABQAITA WA JA’ALAHU LAKA THAHUURAN.
Artinya :
Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu.

Membaca doa di atas tentu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Semua orang bisa melakukannya sebab tidak terlalu panjang lafadznya. Menghafalkannya tidaklah butuh waktu yang amat lama. Dalam doa tersebut, seseorang yang menerima zakat mendoakan agar orang yang membayar zakat tersebut diberi pahala. Tidak hanya diberi pahala saja. Orang yang membayar zakat tersebut didoakan agar diberkahi harta-hartanya. Di samping itu, zakat yang dibayarkan dapat menjadi pembersih dosa. Semoga artikel ini memberi manfaat untuk para pembaca sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *