Doa Di Malam Lailatul Qadr Lengkap Dengan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Membahas doa di malam lailatul qadr menjadi sesuatu yang amat penting. Di bulan Ramadhan biasa kita membaca doa ini. Khususnya di waktu malam ketika sepuluh hari yang terakhir. Sebelum hari raya idul fitri atau lebaran.

Membaca doa lailatul qadr ini sangatlah dianjurkan. Jika kita sudah mengetahui bacaan lengkapnya maka tinggal mengamalkannya. Bila mana teman-teman sudah mengetahui maka tinggal sekarang menghafalkannya. Jia sudah hafal maka tinggal diamalkan. Jadi, sebelum mengamalkannya maka perlu menghafal terlebih dahulu.

Di Bulan Ramadhan kita memiliki kesempatan yang banyak untuk beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Baik siang maupun malam hari ibadah yang dilakukan oleh tiap muslim akan mendapatkan pahala yang besar. Khususnya ketika di waktu malam hari. Jika di siang hari mungkin waktu kita agak tersita untuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya. Berbeda dengan ketika di malam hari.

Berkaitan dengan lafadz doa malam lailatul qadr bisa teman-teman menyimaknya berikut ini. Lengkap pula dengan arti atau terjemahannya.

doa lailatul qadr

latinnya:
ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ‘ANNII.
Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.

Bacaan doanya tidaklah panjang. Pendek saja. Siapa pun mudah untuk menghafalkannya. Meski siapa pun yang merasa kesulitan dalam menghafal tetap saja bisa untuk menghafalnya. Tentu saja hal itu bagi siapa yang memang berniat untuk menghafalkannya. Hadits di atas bersumber dari riwayat At-Tirmidzi.

Dalam doa malam lailatul qadr itu kita memohon maaf atas segala kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan. Allah subhanahu wa ta’ala merupakan Dzat Yang Maha Pemaaf. Allah subhanahu wa ta’ala mencintai hamba-Nya yang meminta maaf.

Di dalam Al-Quran pun terdapat Surat Al-Qadr yang jumlahnya 5 ayat. Terjemahan dari Surat Al-Qadr adalah:
ayat 1 : Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar.
ayat 2 : Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
ayat 3 : Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.
ayat 4 : Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
ayat 5 : Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Semoga kita bisa mengamalkan bacaan doa ini. Tidak lupa, kami berharap agar tulisan ini memberikan manfaat kepada teman-teman pembaca semuanya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.