Doa Untuk Pengantin Baru Yang Perlu Diketahui

Salah satu kebahagiaan dalam hidup seseorang yang dilaluinya yakni dengan menikah. Sudah sunatullah bahwa seorang laki-laki mencintai seorang wanita. Demikian juga sebaliknya. Seorang wanita menyukai laki-laki. Sesuatu yang sudah sunatullah ini agar bisa tersalurkan maka perlu ada wadahnya. Bingkai pernikahan menjadi wadahnya. Agar cinta seorang laki-laki dan seorang wanita menjadi sempurna maka mereka harus menikah.

Di dalam pernikahan, maka akan terbentuklah sebuah keluarga. Dalam keluarga itu nantinya akan terlahir anak. Maka di situlah nanti akan terwujud keluarga yang sakinah dan mendapat ridha dari Allah subhanahu wa ta’ala. Keridahaan inilah yang menjadi harapan setiap orang. Antara suami dan istri nanti terjalin kasih sayang yang terus bersemi.

Sebelum seseorang menikah maka mereka mesti mengadakan akad ijab dan qabul. Inilah yang menjadi inti dari prosesi pernikahan. Bukan kepada masalah mengenai pesta pernikahannya. Meski begitu mewah acara pestanya tetapi itu intinya bukan kepada pestanya. Meskipun mengadakan pesta pernikahan pun diperbolehkan. Setelah selesai prosesi akad pernikahan maka sudah resmilah keduanya menjadi suami dan istri.

Kita yang hadir paca acara pernikahan atau pun walimah pernikahan maka ikut pula berbahagia. Dua hati telah bersatu dalam cinta kasih yang diridhai oleh Allah subhanahu wa ta’ala sekaligus juga mendapat restu dari kedua orang tua mempelai. Kebahagiaan itu tentu menjadi nilai positif bagi siapa saja yang hadir dalam acara tersebut.

Ada bacaan doa untuk pengantin baru yang tidak boleh dilupakan dalam acara tersebut. Membaca sebuah doa menjadi satu tanda kita mensyukuri nikmat-Nya sebab doa itu bagian dari ibadah. Dari doa tersebut kita pun telah membuat sebuah amal kebaikan. Kita memohon agar kedua mempelai mendapatkan kebaikan serta keberkahan di dunia ini sampai di akhirat kelak nantinya.

Mengenai lafadz doa yang kita perlu baca pada saat moment mulia tersebut yakni:

Doa Untuk Pengantin Baru Yang Perlu Diketahui

BAARAKALLAAHU LAKA WA BAARAKA ‘ALAIKA WA JAMA’A BAINAKUMA FII KHAIR.
Artinya :
Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kamu berdua (pengantin laki-laki dan perempuan) dalam kebaikan.

Indah sekali doa tersebut. Tiap muslim sudah seharusnya mengetahuinya. Selanjutnya, tiap muslim bisa menghafalkannya. Toh, lafadz dari doa tersebut tidaklah panjang. Cukup pendek saja sehingga tidaklah perlu waktu lama agar bisa benar-benar hafal. Inilah bentuk kemudahan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Yang terpenting selanjutnya adalah pengamalan dari doa ini. Jika sudah benar-benar hafal maka mesti diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Pastinya itu diamalkan ketika kita menghadiri acara pernikahan seseorang. Baik itu keluarga, saudara, rekan kerja, tetangga, dan yang lainnya.

Setiap pasangan pengantin baru tentu membutuhkan doa dari banyak orang. Doa tersebut melengkapi kebahagian keduanya. Ada pula ucapan seperti selamat menempuh hidup baru, selamat menikah, selamat membangun bahtera rumah tangga, smoga selalu diliputi dengan kebahagiaan, selamat atas hari bahagianya, dan lain-lain. Mengenai ucapan tersebut tentu tidaklah dilarang untuk disampaikan.

Akan tetapi, membaca doa lebih penting dari ucapan-ucapan tersebut. Sebab doa akan bermanfaat bagi manusia. Permohonan langsung kepada Allah subhanahu wa ta’ala dalam bentuk doa ini tentu akan sangat memberi manfaat bagi pengantin. Kita semua tahu, bahwasannya pengantin baru akan menempuh kehidupan yang baru. Di kehidupan barunya ini tidak jarang muncul berbagai tantangan. Semua itu membutuhkan pertolongan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan berdoa inilah kita akan memperoleh pertolongan-Nya. Amiin.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.