Lafadz Doa Panjang Umur Yang Bagus

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hari ini cuaca begitu cerah. Kemarin beberapa hari hujan begitu deras mengguyur di daerahku. Konon, menurut berita dari BMKG bahwasannya kemarin memang diprediksi hujan amat deras disertai petir. Jadilah, beberapa hari harus di rumah saja dan tidak pergi kemana-mana. Padahal, hari tersebut adalah hari libur akhir pekan.

Namun, apa daya karena cuaca hujan maka tak akan mau pergi kehujanan. Badan menjadi basah kuyup. Meski pergi ke tempat wisata yang asyik saja jadinya kurang deh senangnya. Itu karena perjalanan ke sana penuh hujan yang membuat dingin sekali badan. Teman-teman pun saya yakin kalau hujan menjadikan agendanya ke luar rumah menjadi tertunda. Termasuk kalau ada undangan untuk menghadiri orang yang merayakan hari lahirnya pun kita agak timbul malas untuk ke sana.

Bukannya tidak mau datang. Akan tetapi memang kondisi cuaca menjadikan semuanya berubah. Sedikit kita ngobrol terkait hari lahir nih teman-teman. Tiap orang kan punya tanggal lahir. Setiap tahun biasanya ada saja yang mengingatkan bahwa ini lho kamu berulang tahun. Ada yang mengucapkan selamat hari lahir ada juga yang berucap selamat hari ulang tahun.

Bukan pada ucapan selamat hari ulang tahun atau hari lahir ini. Yang mau kami bahas di sini teman-teman adalah ada doa yang menjadikan kita perlu mengucapkannya pada momen seperti itu. Bukan hanya sekedar selamat berbahagia karena telah bertambah usia atau telah berulang tahun ke sekian dan sekian.

Mengucapkan doa panjang umur menjadi hal yang lebih penting menurut hemat kami. Mengapa demikian? Sebab kalau kita mengucapkan senang diberi ucapan selamat saja kita seperti belum ada permohonan kepada Allah subhanahu wa ta’ala terhadap masalah umur kita ini. Lain kalau kita mau berdoa kepada-Nya. Kita memohon dipanjangkan umur maka itu menjadi lebih berarti.

Lantas bagaimana sih lafadz doanya. Teman-teman gak usah bingung tujuh keliling. Berikut ini kami tuliskan lafadz doa memohon panjang umur. Saya pilihkan yang paling singkat doanya supaya teman-teman tidak merasa kesulitan saat menghafalkannya.

Doa Panjang Umur Yang Bagus

Latinnya :
ALLAAHUMMA INNAANAS ALUKA THUULAL ‘UMURI, BITHTHAA ‘ATI, WAKHTIM LANAA BIL A’MAALISH SHAALIHAH.
yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah :
Ya Allah, kami mohon kepada-Mu umur yang panjang, umur yang selalu digunakan untuk taat kepada-Mu, dan akhirilah umur kami dengan perbuatan yang baik.

Sebetulnya juga ada sih doa panjang umur yang lebih panjang dari itu. Akan tetapi, tahu salah satu doa tersebut sudah sangat bagus. Nanti kalau ingin mencari yang lebih panjang bisa dibahas di lain kesempatan. Mengetahui satu lafadz doa tersebut lalu menghafalkannya sudah menjadi hal yang istimewa menurut saya.

Belum lagi tugas setelah sudah hafal adalah mengamalkannya. Dalam kehidupan sehari-hari saat kita sudah hafal dengan sebuah doa maka tentu akan mudah sekali dalam menghafalkannya. Utamanya kalau teringat hari lahir kita. Sangat pas kita membaca doa tersebut. Tentu saja dalam membacanya kita mesti khusyuk ya teman-teman. Sesuai adab dalam berdoa.

Sebetulnya, tidak hanya saat momen mengingati hari lahir saja doa diatas pas untuk dipanjatkan. Saat waktu yang lainnya pun akan tepat untuk kita baca. Misalnya saja di kala setelah selesai shalat wajib lima waktu kita bisa baca. Waktu setelah shalat wajib lima waktu termasuk yang mustajab untuk berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Waktu-waktu yang lainnya pun boleh juga untuk kita membaca doanya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *