Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap – Belajar Sepanjang Hidup

Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kabar baik buat sobat semua. Iya kan? Membaca doa selamat kebaikan dunia dan akhirat dengan lengkap penting sekali. Saya yakin, semua orang kepingin untuk hidup bahagia sejahtera tak kurang suatu apa pun. Keselamatan pun menjadi harapan tiap orang. Setiap muslim tidak hanya bercita cita tinggi di dunia saja. Tetapi lebih dari itu. Pandangan hidupnya tidak sempit tetapi luas. Kehidupan yang hakiki sebenarnya di akhirat sana.
Dalam rangka meraih kebaikan dan kesejahteraan serta selamat inilah banyak hal dilakukan. Di dunia dengan bekerja keras dalam mencukupi kebutuhan. Profesional dalam bisnis. Memiliki perusahaan. Bertani secara modern. Menghabiskan sebagian waktunya dalam mencari uang demi meraih kebahagiaan. Tetapi mesti diingat bahwasanya dunia memang sementara. Tak ada yang kekal dan abadi.
Berbeda dengan dunia. Alam akhirat kekal selama-lamanya. Itulah sifatnya. Tiada kematian di sana. Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mencari keselamatan dan keberuntungan di akhirat. Usaha-usaha tersebut dikerjakan ya di alam dunia ini. Iman dan takwa menjadi modal utama. Banyak melakukan amal shalih seperti sholat, zakat, puasa, haji, umrah, sedekah, berwakaf, mengajarkan ilmu yang bermanfaat, membangun pondok pesantren, mendirikan rumah sakit, menyantuni anak yatim piatu, dan sebagainya. Hasil dari amalan itu akan dirasakan di dunia ini. Panen dari amal shaleh atau balasan yang sempurna akan didapatkan di akhirat sana. Dari di dalam alam barzakh atau kubur sudah mulai merasakan balasannya. Ada nikmat kubur. Selanjutnya nanti akan mendapatkan hisab atau perhitungan amal yang mudah. Terakhir, ia diselamatkan dan bebaskan dari siksa api neraka dan dimasukkan ke dalam surga. Itulah puncak kenikmatan. Di sanalah sebaik-baik tempat. Segala kenikmatan ada di dalamnya. Mereka yang dimasukkan di dalamnya akan merasa puas.
Dari penjelasan di atas, kehidupan dunia dan akhirat tidak terpisahkan satu sama lainnya. Keselamatan dan kebahagiaan di akhirat diperoleh dengan melakukan iman dan amal shalih sewaktu masih hidup di dunia. Selain berikhtiar, berdoa kepada Allah Swt. tidak boleh dilupakan. Penting sekali. Ada beberapa doa selamat dunia akhirat yang bisa kita amalkan.
Doa Mohon Keselamatan Kebaikan Dunia AkhiratLatinnya : RABBANAA AATINAA FIDDUN YAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.
Artinya :
“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”

dan atau :

Doa Mohon Keselamatan Kebaikan Dunia Akhirat
Latinnya : ALLAAHUMMA INNAA NAS-ALUKAL ‘AFWA WAL ‘AAFIYATA FIDDIINI WAD DUN-YAA WAL AAKHIRATI
Artinya:
“Ya Allah, kami mohon ampunan kepada-Mu dan limpahkanlah kesejahteraan agama dunia dan akhirat.”

atau

Doa Mohon Keselamatan Kebaikan Dunia Akhirat
Latinnya : ALLAAHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI WA BARAKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA RAHMATAN ‘INDAL MAUTI WA MAGHFIRATAN BA’DAL MAUTI
Artinya :
“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesehatan pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati dan keampunan sesudah mati.”

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Doa selamat dunia  akhirat ini bisa kita rutinkan untuk dibaca tiap hari. Setelah selesai shalat wajib 5 waktu misalnya. Sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya. Tetap terus untuk selalu belajar dan mengkaji agama Islam. Sukses untuk semuanya. Teruskan juga berbagi kepada saudara. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *