Doa Wudhu Lengkap Dengan Artinya

Sampai pada hari ini kita selalu mendapatkan berbagai nikmat yang luar biasa. Doa kita semua agar selalu memohon semuanya dalam keadaan mendapat nikmat. Terutama nikmat keimanan dan juga kesehatan. Dua macam nikmat yang amat agung dan besar. Terkadang hanya harta saja yang dipandang sebagai nikmat itu. Namun, iman dan kesehatan ternyata jauh lebih penting dan besar dibanding nikmat harta. Walau pun terkadang banyak orang yang tidak menyadarinya. Dengan iman dan sehat badan ini akan bisa melakukan berbagai kebaikan di dalam hidup. Termasuk ibadah thaharah wudhu yang sering kita lakukan tiap hari sebelum mengerjakan ibadah shalat.

Mengerjakan ibadah thaharah mudah dilakukan bagi mereka yang sehat badannya. Ia bisa melakukan dari awal hingga akhir tanpa ada halangan sedikit pun. Satu bentuk ibadah thaharah ialah melakukan wudhu. Secara bahasa kata wudhu ini memiliki makna kebersihan dan juga keindahan. Sedangkan secara istilah wudhu merupakan sebuah ibadah khusus ritual yang bertujuan untuk mensucikan diri dari hadats kecil dengan memakai media air yang mensucikan. Perlu digaris bawahi bahwa wudhu itu termasuk ibadah ritual. Di sana ada hal-hal yang harus diperhatikan. Semua yang dilakukan di dalam praktik ibadah wudhu itu mesti berdasarkan contoh dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Untuk mengetahuinya bagaimana Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam melakukan wudhu maka kita mesti belajar ilmu agama Islam. Jadi, dalam wudhu itu tidak hanya sekedar untuk membersihkan diri saja. Akan tetapi tuntunan dari Nabi harus kita jalankan.

Berkaitan dengan dalil wudhu, kita bisa membuka Al-Quran Surat Al-Maidah ayat 6, arti dari ayat tersebut yakni ” Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.”

Sedangkan dalil dari hadis adalah “Tidak ada shalat bagi orang yang tidak punya wudhu”. Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Hiban juga Imam Ahmad. Untuk tata cara wudhu secara ringkas adalah

  1. Niat
  2. Membasuh wajah
  3. Membasuh kedua tangan (membasuhnya sampai bagian siku terbasahi)
  4. Mengusap kepala
  5. Membasuh kaki
  6. Melakukan semua gerakan wudhu dengan tertib. Artinya urut dari pertama sampai yang terakhir.

Sebelum melakukan wudhu maka kita hendaknya membaca bismillah terlebih dahulu. Kami yakin teman-teman semua sudah tidak ada kesulitan dalam membacanya. Arti dari lafazh tersebut yakni dengan menyebut nama Allah. Mengetahui arti dari bacaan sangatlah penting agar kita semakin mantap dan khusyu. Pun demikian ketika kita sudah selesai melaksanakan wudhu. Tepatnya kita sudah selesai membahasuh kedua kaki sampai tumit. Perlu teman-teman memperhatikan betul bila saat membasuh kaki ini maka kita harus mengeceknya. Pastikan tumit terbasahi. Karena tumit termasuk batas bagian kaki yang mesti terbasahi. Nah, setelah selesai dari membasuh kaki ini maka kita membaca doa. Untuk lafazh doa wudhu lengkap bisa kita simak di bawah ini.

Doa Wudhu Lengkap Dengan Artinya

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAH. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHUU WA RASUULUH. ALLAAHUMMAJ’ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHAHHIRIIN. WAJ’ALNII MIN ‘IBAADIKASH SHAALIHIIN.

Arti dari lafazh tersebut yakni:
“Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh”

Membaca doa setelah wudhu ini memang bukan hal yang wajib atau harus dilakukan. Tetapi meskipun begitu membaca doa yang termasuk sunah dalam berwudhu ini sangat penting. Dengan membacanya maka wudhu kita akan semakin sempurna. Setiap muslim yang melakukan wudhu tentu mengharapkan wudhunya bisa lebih sempurna. Dalam makna doa tersebut kita bisa memperhatikannya dengan baik. Di situ disebutkan dua kalimat syahadat. Kita mengakui Allah subhanahu wa ta’ala yang berhak untuk disembah. Tidak ada tuhan selain Allah subhanahu wa ta’ala. Selain itu, kita pun mengakui bahwa Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah utusah Allah subhanahu wa ta’ala. Selanjutnya, kita juga memohon agar bisa menjadi orang yang senantiasa bertaubat dari dosa.

Dalam doa itu kita pun bermohon agar menjadi orang yang suci dan termasuk golongan orang-orang yang shaleh. Begitu nikmatnya bila kita sudah dimasukkan sebagai hamba yang shaleh. Dunia ini seolah tidak ada artinya dibandingkan nikmat tersebut. Janji Allah subhanahu wa ta’ala untuk diberikan surga kepada hamba-hamba-Nya yang shaleh merupakan kepastian. Maka doa tersebut sangatlah luar biasa maknanya.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *