Doa Bercermin Lengkap Dengan Latin dan Artinya

Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa bercermin lengkap arab latin dan artinya amat penting. Siapa saja bisa mengamalkannya. Memang yang paling sering melakukan aktivitas ini kebanyakan bukan dari kaum pria atau laki-laki. Meskipun mereka juga mengerjakannya. Namun, yang lebih sering adalah para wanita. Untuk wanita, aktivitas bercermin ini dilakukan dalam rangka agar cantik. Maksudnya untuk menjaga penampilan terutama wajah mereka. Setiap perempuan di dunia ini melakukan hal itu. Bahkan pada usia menginjak remaja saja sudah mulai muncul kebiasaan sering bercermin.

Penampilan sangat penting bagi seseorang. Baik pria maupun wanita. Para laki-laki yang hendak melakukan shalat wajib maupun sunah pun diperintahkan untuk berpenampilan terbaik. Sebab mereka sedang menghadap Allah Subhanahu wa ta’ala. Tatkala bertemu dengan tokoh masyarakat di kampung halaman saja mesti berpakaian yang rapi dan sopan. Tidak elok kalau berpakaian kaos saja. Ini sudah menjadi adab dan kebiasaan pada umumnya di masyarakat. Maka, lebih tidak sopan bila saat menghadap Allah atau pada waktu beribadah shalat kok hanya berpakaian seadanya dan tak rapi. Memang kalau sudah menutup aurat shalatnya sah. Akan tetapi, keelokkan atau adab kesopanan amat penting untuk dijaga. Toh, berpakaian rapi dan bagus saat shalat itu juga bukan perkara yang sulit untuk dikerjakan.

Seorang laki-laki lebih ditekankan untuk melaksanakan shalat wajib lima waktu (dhuhur, asar, maghrib, isya’, dan subuh) di masjid. Tentu saja dengan cara berjamaah. Ada perintah juga untuk menggunakan pakaian yang terbaik saat mendatangi masjid tersebut. Tidak hanya itu, para laki-laki juga hendaknya bercermin bila hendak menuju ke masjid. Tujuannya supaya rambutnya rapi meski memakai peci atau kopyah. Pakaiannya juga rapi dilihat orang enak. Termasuk yang kadang dilupakan adalah saat memakai sarung. Ada yang memakainya malah sambil berjalan menuju masjid. Kurang tepat hal ini. Alangkah baiknya ia mengenakannya di rumah sambil berdiri di depan cermin. Kerapian akan lebih terjaga dengan cara ini. Rapi itu nyaman.

Para wanita yang suka bercermin pun jangan keliru. Apa yang keliru? Bukan cara bercerminnya tetapi pada momen atau waktunya yang kadang kurang tepat. Wanita yang telah memiliki suami maka hendaknya mereka mengutamakan berhias dan bercermin di depan suaminya. Tentu saja momen bertemu dengan suami ini adalah di rumahnya. Tidak tepat bila malah wanita itu bercermin dan berhias hanya tatkala mau keluar rumah. Misalnya saat akan menghadiri undangan pernikahan, arisan, pengajian, dan bekerja. Sudah saatnya kebiasaan yang benar ini dimulai.

Dalam agama Islam yang sempurna ini, segala hal itu ada adab-adabnya. Ada tata caranya. Termasuk juga dalam bercermin. Di sini yang kami tekankan adalah membaca doa bercermin . Tidak sulit kok untuk melakukannya. Hanya perlu tekad, niat, dan pembiasaan saja sebetulnya. Mengenai lafazh doanya ialah :

DOA SAAT BERCERMIN YANG PERTAMA

DOA SAAT BERCERMIN
Latinnya :
ALLAHUMMA KAMAA HASSANTA KHALQII FAHASSIN KHULUQII.
Artinya :
” Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

DOA SAAT BERCERMIN YANG KEDUA

DOA BERCERMIN
Latinnya :
ALHAMDULILLAAHI KAMAA HASSANTA KHALQII FAHASSIN KHULUQII.
Artinya :
“Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku.”

Kita manusia itu merupakan sebaik-baik makhluk. Artinya kita itu paling rupawan diantara makhluk-makhluk lainnya. Hal itu mesti kita syukuri. Kita jaga penampilan kita dengan bercermin. Mungkin dalam sehari bisa lebih dari tiga atau empat kali kita melakukannya. Tidak mengapa. Apalagi bila kita selalu mengucapkan syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Terutama dengan melafazhkan doa ketika kita bercermin seperti di atas. Banyak amalan pahala yang kita akan raih. Wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *