Lafadz Doa Menyembelih Hewan Kurban

Teman-teman tentu tidak asing dengan hari raya kurban. Sering disebut juga hari raya idul adha. Tiap tahun seluruh kaum muslimin merayakannya dengan antusias. Tidak hanya umat Islam di dalam negeri saja. Akan tetapi, kaum muslimin di luar negeri atau mancanegara pun turut merayakan dengan hati yang bahagia. Memang itulah hari raya kaum muslimin. Selain hari raya idul fitri ada satu hari raya yang lainya yakni idul adha.

Satu hal yang istimewa pada hari raya idul adha ialah mengerjakan penyembelihan hewan kurban. Hewan yang disembelih yakni sapi, unta dan kambing. Hanya saja di nusantara amat jarang dijumpai hewan yang disembelih itu unta. Memang kalau hewan unta ini tidak atau sangat sulit dijumpai di seluruh wilayah nusantara. Maka tak mengherankan bila kita tidak menemukan orang yang menyembelih unta tersebut.

Lain bila kondisi itu di negera-negara timur tengah. Di sana mungkin sangat lazim orang memilih hewan kurban unta. Kembali ke situasi di negara kita. Sebelum momen idul adha itu datang. Kita sudah melihat banyak orang yang begitu sibuk dalam persiapan idul kurban. Setidaknya banyak orang yang sudah kesana kemari mencari hewan kurban berupa kambing atau sapi.

Tanya ke setiap pedagang kambing dan sapi terkait harga dari kambing dan sapi. Dari harga yang diperoleh itu kemudian menyiapkan anggaran sejumlah uang untuk membelinya. Tidak mengapa keluar uang yang penting dapat membeli sapi atau pun kambing. Untuk sapi bisa digunakan berkurban maksimal tujuh orang. Tetapi kalau kurang dari tujuh pun boleh menggunakannya untuk berkurban. Misalnya kurban sapi hanya dengan empat orang. Atau satu orang pun boleh memilih satu sapi untuk digunakan berkorban.

Tetapi berbeda ketika kita memilih kambing atau domba. Bila kita memilih kambing atau domba maka kita hanya bisa satu kambing untuk satu orang. Tidak bisa lebih dari itu. Untuk memilih hewan kurban baik itu sapi atau pun kambing sebaiknya dipilih yang terbaik. Yang paling bagus dan disarankan untuk berjenis kelamin jantan.

Kita yang sudah siap dengan hewan kurbannya perlu untuk mengetahui doa menyembelih hewan kurban. Saat hendak kita menyembelih hewan maka kita semestinya membacanya. Waktu penyembelihan kurban itu di tanggal 10 Dzulhijah dan 11, 12, serta 13 Dzulhijah. Pada tanggal 11, 12, serta 13 Dzulhijah ini dikenal sebagai hari tasyrik. Sedang pada tanggal 10 Dzulhijjah ini adalah hari H. Hari idul adha dimana shalat sunah id dilaksanakan pada waktu pagi harinya.

Kalau menyembelih hewan kurban diluar ke empat hari tersebut maka kategorinya sudah bukan berkurban lagi. Tapi sesembelihan biasa jadinya. Tetap boleh dan dagingnya halal untuk dinikmati. Namun tidak akan memperoleh pahala kurban. Tidak mendapat pahala kurban menjadi sebuah kerugian tersendiri. Sudah keluar uang banyak untuk beli hewan kurban tapi tidak dapat pahala berkurban. Maka seyogyanya menepati aturan waktu penyembelihannya.

Terkait lafadz doa menyembelih hewan kurban adalah sebagai berikut:

doa saat menyembelih hewan kurban

Bismillaahi Wallaahu Akbar
Artinya :
Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar.

Cukup singkat lafadz doanya. Saya yakin teman-teman tidak ada yang kesulitan di saat hendak menghafalkannya. Inilah bentuk kemudahan yang hendaknya kita syukuri selalu. Dengan membaca doa di atas saat menyembelih hewan kurban maka kita akan mendapatkan kesempurnaan dalam berkurban.

Bagi teman-teman yang belum melaksanakan ibadah kurban. Mungkin terkait kemampuan dan sebagainya. Bisa kita mulai menabung sedari sekarang. Sedikit demi sedikit akhirnya bisa cukup uangnya untuk berkurban. Tidak harus pada tahun ini. Bisa saja pada tahun yang akan datang. Ikhtiar kita akan berbuah sukses dengan adanya kesungguhan dan juga berdoa tentunya agar dimudahkan bisa berkurban.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.