Inilah Kumpulan Hukum Tajwid Surat At-Taubah Ayat 105 – Belajar Sepanjang Hidup

Inilah Kumpulan Hukum Tajwid Surat At-Taubah Ayat 105

Belajar lagi dan terus belajar. Ini merupakan budaya yang sudah semestinya kita lakukan. Tidak terbatas pada usia maupun waktu tertentu. Seluruh aktivitas kehidupan kita mesti dilakukan tanpa meninggalkan belajar. Sebab belajar akan meningkatkan ilmu dan kapasitas kita.

Tidak terkecuali dengan belajar terkait hukum agama Islam. Memang banyak sekali ilmu mengenai agama Islam ini. Satu yang begitu penting adalah mengenal hukum tajwid. Ini berkait erat dengan bagaimana cara membaca Al-Quran yang benar. Supaya bacaan Al-Quran kita benar dan tartil (istilah bacaan yang tepat dan baik).

Membahas analisis hukum tajwid Surat At-Taubah ayat 105 salah satu yang jadi prioritas. Sebagian waktu di hari ini alangkah baiknya kita gunakan membaca Al-Quran. Namun, sebelumnya kita mesti mengetahui analisis tajwidnya terlebih dahulu. Supaya apa? Agar kita bisa tartil dalam bacaanya.

Oke, teman-teman kami ajak langsung melihat analisisnya ya. Silakan menyimaknya dengan perlahan supaya bisa lebih paham.

tajwid surat at-taubah ayat 105

Jangan lupa pula untuk membaca penjelasannya berikut:
Nomor 1 menunjukkan hukum mad thabii karena huruf lam berharakat dhamah dan disertai dengan huruf wau sukun. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Nomor 2 menunjukkan hukum tahkim karena sebelum lafadz Allah adalah huruf hijaiyah ra berharakat fathah. Cara bacanya dengan tebal.
Nomor 3 menunjukkan hukum idzhar syawafi dan cara membacanya secara jelas. Ini karena furuf mim sukun bertemu huruf wau.
Nomor 4 menunjukkan hukum mad thabii karena huruf sin berharakat dhamah dan disertai dengan huruf wau sukun. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Nomor 5 menunjukkan hukum mad shilah qasirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah yaitu huruf wau. Dibaca panjang 2 harakat.
Nomor 6 menunjukkan hukum alif lam qamariyah sebab huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.
Nomor 7 menunjukkan hukum mad thabii karena huruf nun berharakat dhamah dan disertai dengan huruf wau sukun. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Nomor 8 menunjukkan hukum mad thabii karena huruf lam berharakat fathah berdiri. Sesudahnya tidak bertemu huruf hamzah dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Nomor 9 menunjukkan hukum mad lin sebab huruf ya sukun didahului huruf hijaiyah berharakat fathah. Dalam hal ini didahului huruf ghain. Cara bacanya panjang 2 harakat.
Nomor 10 menunjukkan hukum mad thabii karena huruf ha berharakat fathah. Sesudahnya tidak bertemu huruf hamzah dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Nomor 11 menunjukkan hukum ikhfa syafawi karena huruf mim sukun bertemu huruf ba. Dibaca secara samar serta berdengung dan ditahan.
Nomor 12 menunjukkan hukum ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf ta. Cara membacanya samar dan ditahan selama 3 harakat.
Nomor 13 menunjukkan hukum mad arid lissukun dikarenakan mad thabii bertemu huruf yang diwaqaf dan cara membacanya panjang 2 hingga 6 harakat.

Itulah hasil analisis tajwidnya. Ada kurang lebihnya kami memohon maaf. Mudah-mudahan, apa yang kami tulis ini memberikan banyak manfaat untuk seluruhnya saja.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *