Bacaan Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin serta Artinya

Mendengar adzan menjadikan hati tenang dan tentram. Penting untuk kita memahami arti dan juga fadhilahnya. Sesudah selesai mengumandangkan adzan maka muadzin hendaknya tidak melupakan doa setelah adzan. Harus tahu juga tulisan arab maupun latinnya. Mengkaji masalah doa ini tidaklah rugi sama sekali. Sungguh aneh bila kita meninggalkan perkara yang mulia ini. Kalau kita mau hitung, sungguh banyak kali kita mendengar adzan dalam satu bulan. Bila satu bulan yang jumlahnya 30 hari maka kita akan temukan bahwa dalam sebulan mendengar adzan sebanyak : 30 x 5 = 150 kali.
Lafaz adzan tidaklah sulit untuk dihafal. Apalagi dengan semakin seringnya terdengar di indera dengar kita, menjadikan gampang untuk dihafal. Berikut ini lafaznya :

lafaz adzan lengkap

Latinnya : ALLAAHU AKBAR (4 x)
Artinya : Allah Maha Besar
Latinnya : ASYHADU ALLAA ILLAAHA ILLALLAAH (2 x)
Artinya : Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah
Latinnya : ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAH (2 x)
Artinya : Aku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah
Latinnya : HAYYA ‘ALASHSHALAAH (2 x)
Artinya : Marilah mengerjakan shalat
Latinnya : HAYYA ‘ALAL FALAAH (2 x)
Artinya : Marilah menuju kepada kemenangan
Latinnya : ALLAAHU AKBAR (2 x)
Artinya : Allah Maha Besar
Latinnya : LAA ILAAHA ILLALLAAH (1 x)
Artinya : Tiada Tuhan selain Allah

Setelah selesai hendaknya muadzin membaca doa setelah adzan. Tak hanya sang muadzin saja. Kita yang mendengarnya pun agar tetap pula membaca doa yang sama. Mengenai lengkapnya doa ialah seperti di bawah ini:

Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin serta Artinya

Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBA HADZIHID DA’WATIT TAAMMAH WASH SHALAATIL QAA-IMAH, AATI MUHAMMADANIL WASIILATA WAL FADHIILAH, WAB’ATSHU MAQAAMAM MAHMUUDANILLLADZII WA ‘ADTAH
Artinya :
” Ya Allah, Rabb pemilik seruan yang sempurna ini, shalat (wajib) yang didirikkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqam (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan.”

Sebelum doa tersebut, baca dahulu shalawat Nabi Muhammad Saw. Orang yang membaca doa seperti di atas maka ia di hari kiamat kelak akan mendapatkan syafaat. Hal ini sebagaimana hadits :
“Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bershalawatlah untukku. Karena siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR. Muslim).

Amalan sederhana ini ternyata berpahala yang luar biasa dan besar. Penting sekali untuk kita agendakan dalam kehidupan sehari-hari. Rugi bila kita meninggalkannya. Baiklah, selamat mengamalkannya dalam hidup kita.

Facebook Comments

Leave a Reply

Comments are closed.