Doa Turun Hujan Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bagaimana kabar hari ini sahabat semua ? Baik-baik saja kan? Alhamdulillah, kita patut selalu beryukur atas karunia ini. Pada hari yang agak mendung ini saya mau berbagi lagi. Tentu saja lewat tulisan di blog kesayangan ini. Kehadiran tulisan menjadi penting dalam rangka menambah ilmu Masyarakat sangat haus akan ilmu yang bermanfaat. Terkhusus ilmu tentang agama Islam ini. Agama yang memberi rahmat bagi seluruh alam semesta. Dari pada membaca sesuatu yang belum jelas manfaatnya, akan lebih baik kita fokus memperdalam ilmu tentang ajaran Islam.

Sebagai muslim yang baik tentu kita diajarkan untuk selalu berakhlaqul karimah. Ada berbagai kejadian selama kita hidup ini. Ada berbagai peristiwa alam yang selalu menghampiri hidup kita. Tidak hanya satu tahun sekali. Terkadang itu tiap pekan bahkan bisa tiap hari. Misalnya saja siang, malam, suhu udara dingin, suhu udara panas, langit mendung atau berawan, gerhana bulan, gerhana matahari, angin berhembus, musim kemarau, dan hujan. Nah, yang akan menjadi fokus pembicaraan kita saat ini ialah tentang masalah hujan.

Sudah bukan hal yang asing lagi bila kita melihat turunnya hujan. Bahkan ada musim yang namanya penghujan. Dimana dalam musim tersebut hujan turun bisa tiap hari. Berbeda dengan musim kemarau yang bisa berbulan-bulan tidak turun hujan sama sekali. Hujan merupakan bagian nikmat dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Kita semestinya mensyukuri nikmat tersebut. Manusia sangat memerlukan turunnya hujan ini. Para petani sangat perlu air yang berlimpah guna mengairi sawah dan ladangnya. Air hujan amat membantu mereka. Para peternak ikan air tawar sangat perlu air untuk mengisi kolam-kolamnya. Para pekebun yang bercocok tanam pun perlu sekali air hujan agar tanamannya tidak mati kekeringan. Orang beternak sapi dan kambing pun juga perlu sekali adanya hujan. Dengan hujan yang turun akan menumbuhkan rerumputan dan dedaunan lainnya. Rumput dan dedaunan menjadi makanan bagi ternaknya. Hingga kita yang tidak berprofesi sebagai petani dan peternak pun amat memerlukan air hujan. Dengan terjadinya hujan turun, airnya akan meresap ke tanah. Kebutuhan hidup manusia sehari-hari amat tergantung dari kecukupan air bersih yang diambil dari dalam tanah. Tidak hanya manusia, makhluk hidup lainnya juga perlu sekali dengan adanya air. Ada beberapa bentuk mensyukuri nikmat ini. Diantaranya yakni kita membaca doa turun hujan dengan khusyuk. Doa ini dibaca saat turunnya hujan dan mengenai lafazhnya yakni.

Doa Turun Hujan Lengkap Arab Latin dan Artinya
Latinnya :
ALLAHUMMA SHAYYIBAN NAFI’AN.
Artinya :
” Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat “.

Doanya sangatlah pendek. Amat mudah untuk dihafal. Tidak perlu waktu berjam-jam untuk bisa menghafalnya. Tinggal dibaca beberapa kali saja insya Allah sudah hafal di luar kepala. Namun, bila tetap kesulitan maka silakan dibaca berkali-kali. Makna dari doa tersebut sangatlah luar biasa bagusnya. Kita memohon kepada Allah Swt. agar dikaruniakan hujan yang memberikan manfaat dan keberkahan.

Memang, suatu kali kita juga menemui hujan yang deras sekali. Lebat sekali. Hingga ada rasa takut dan khawatir. Kalau-kalau nanti akan terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Mensikapi hal ini, kita dianjurkan membaca doa saat hujan lebat seperti di bawah ini :

Doa Turun Hujan Deras
Latinnya :
ALLAHUMMA HAWAALAINAA WA LAA ’ALAINAA. ALLAHUMMA ’ALAL AAKAAMI WAL JIBAALI, WAZH ZHIRAABI, WA BUTHUNIL AUDIYATI, WA MANAA BITISY SYAJARI.
Artinya :
” Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Semoga kita bisa mengamalkan doa di atas. Memang yang terpenting adalah pengamalannya. Ilmu tanpa amal diibaratkan seperti halnya pohon yang tidak berbuah. Tentu saja kita ingin memiliki pohon yang menghasilkan buah kan? Sebuah ilmu akan kurang berarti bila tak dipraktekkan di dalam kehidupan sehari-hari. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *