Bacaan Doa Berlindung Dari Malas Latin dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Semoga teman-teman hari ini selalu berbahagia hatinya. Dengan memiliki hati yang bahagia maka itu artinya semuanya akan ikut merasakannya. Kondisi hati sangatlah menentukan banyak hal. Maka wajarlah bila hati bahagia maka seluruh tubuh pun akan menjadi bahagia pula. Sifat malas yang kadang menyelinap dalam kehidupan kita biasanya dari kondisi hati. Maka menjaga hati sangatlah penting untuk dilakukan oleh setiap kita.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak jarang menghadapi kondisi diri yang malas. Melakukan apa saja malas. Tidak bersemangat sama sekali. Seolah merasa diri ini sangat lemah tidak punya daya kemampuan apa pun. Mau beramal sholeh rasanya malas. Hanya melakukan amalan kecil saja sudah malas lalu bagaimana mau beramal yang besar? Tentu sebagai seorang muslim yang baik tidak membiarkan kondisi seperti ini berlarut-larut atau berkepanjangan. Sifat malas tidak akan dipelihara lama-lama di dalam dirinya. Sebab bila malas berada di dalam diri seseorang maka bukannya keuntungan yang diperoleh tetapi sebaliknya. Kerugian akan banyak didapatkan bila rasa malas tetap berdiam di diri kita.

Ada sebuah doa yang bisa kita amalkan di dalam hidup ini. Bagaimana pun kita awali dulu dengan berdoa dalam masalah mengusir malas dalam diri kita. Kita memperbanyak doa berlindung dari malas dalam berbagai kesempatan. Terutama pada waktu mustajab dalam berdoa. Semisal selesai shalat lima waktu dan antara waktu azan sampai iqomah. Oh iya, lafazh lengkap doanya yakni:

Bacaan Doa Berlindung Dari Malas Latin dan Artinya

Latinnya :
ALLAHUMMA INNI A’UDZU BIKA MINAL HAMMI WAL HAZANI, WA A’UDZUBIKA MINAL ‘AJZI WAL KASALI.
Artinya :
” Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan duka cita, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan malas.”

Tidaklah panjang doanya. Sangat mungkin untuk kita hafalkan walau usia kita sudah sedemikian tua. Namun, bila mengalami kesulitan dalam menghafalkannya. Tidaklah mengapa kita membaca langsung saat berdoa. Terpenting lagi ialah mempelajari makna dalam doa tersebut. Ketika sudah paham akan maknanya maka semakin khusyuk saat membacanya. Siapa saja pasti ingin segera mengusir rasa malas yang menghinggap. Tatkala kita sudah terjauhkan dari malas ini maka hidup semakin produktif. Sukses dalam berbagai bidang kehidupan pun akan lebih mudah tercapai. Baik itu masalah keduniaan maupun tentang akhirat. Semuanya bisa tercapai kalau diri sudah jauh dari kemalasan. Untuk melaksanakan ibadah shalat wajib lima waktu saja misalnya. Kalau seseorang malas malasan maka akan terasa berat melakukannya. Berbeda kalau ia sudah hilang malasnya. Walau shalat sunah saja tetap akan dikerjakan. Termasuk pula dalam urusan keduniaan. Untuk seseorang yang ingin mandi kalau malas maka ya tidak jadi mandi. Padahal, mandi itu untuk kesegaran tubuhnya juga akan memberi dampak kesehatan yang bagus. Intinya, kita mesti banyak membaca doa tersebut agar kita terhindar dari penyakit dan sifat malas ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Facebook Comments

Leave a Reply

Comments are closed.